ROHMAH, NUR (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMK TARUNA BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (240kB)
AWALAN.pdf
Download (878kB)
BAB I.pdf
Download (355kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (495kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (262kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas implementasi Penelitian ini membahas tentang Implementasi kurikulum merdaka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di SMK Taruna Baalen Bojonegoro. Dengan rumusan masalah: 1. Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Taruna Balen. 2. Bagaimana kreativitas belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Taruna Balen. 3. Apa faktor pendukung dan penghambat kreativitas belajar di SMK Taruna Balen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuatitatif yang sering disebut model penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan dalam kondisi alamiah, kemudian pendekatan yang dilakukan dengan memakai pendekatan deskriptif, lalu data tersebut dikumpul dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen sebagai suatu alat yang digunakan untuk mengukur fenomena dalam penelitian dimana instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Kemudian menyusun pedoman wawancara yang berisi pertayaan, serta pedoman observasi dan beberapa dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Taruna Balen telah menerapkan pembelajaran dan penilaian berdefensiasi sebagai perwujudan pola penerapan merdeka belajar dan imlementasi dari pola penerapan merdeka belajar itu berdampak baik terhadap peningkatan daya kreativitas peserta didik, menjadikan pembelajaran pendidikan Agama Islam lebih menyenangkan, berkwalitas dan bermakna, karena dengan penerapan merdeka belajar peserta didk memiliki kemampuan berfikir kritis, memiliki kepekaan emosi, dan berbakat. Implikasi dari penelitian ini diharapkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan mengatasi masalah-masalah pendidikan khusus di SMK Taruna Balen. Meskipun penelitian ini merupakan bahan kajian yang baru dibahas dan bahkan masih terjadi prokontara dikalangan tokoh-tokoh pendidikan namun penulis berharap penelitian ini akan menjadi bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya dan memperkaya penelitian sebelumnya
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum merdeka, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kreativitas Belajar. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 02:21 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 02:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2019028601 Thesis advisor MIFTAH, ZAINI NIDN2104079104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3779 |