PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI SEGIEMPAT

KHOLILI, ALIFIYA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA MATERI SEGIEMPAT. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan suatu ilmu yang membutuhkan keterampilan pemecahan masalah yang baik. Namun berdasarkan hasil survei PISA 2018 menunjukkan bahwa pembelajaran matematika terkesan kurang menyentuh pada substansi pemecahan masalah sehingga siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Permasalahan ini juga yang dialami oleh siswa kelas VII di SMP Plus Al Fatimah yang memiliki kemampuan pemecahan masalah rendah pada materi segiempat. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa disebabkan kurangnya referensi materi dan soal. Selama ini pembelajaran hanya terpaku pada satu buku saja. Sehingga tidak ada buku pendamping lain untuk mendukung pembelajaran matematika. Hal itu disampaikan oleh guru matematika kelas VII di SMP Plus Al Fatimah. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan pengembangan modul menggunakan model problem solving pada materi segiempat. Pengembangan modul ini bertujuan untuk menunjang proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian validator ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan 75% dengan kriteria valid. Hasil penilaian validator ahli media menunjukkan tingkat kevalidan 87.5% dengan kriteria sangat valid. Hasil angket siswa uji coba skala kecil menunjukkan tingkat kelayakan 87.5% dengan kriteria sangat layak. Hasil angket siswa uji coba skala besar menunjukkan tingkat kelayakan 91.37% dengan keriteria sangat layak. Dengan demikian, modul pengembangan ini termasuk modul yang memenuhi kriteria kevalidan dan kelayakan serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas VII SMP pada materi segiempat.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, Problem Solving, Segiempat, Model ADDIE
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alifiya Kholili
Date Deposited: 12 Sep 2023 01:49
Last Modified: 12 Sep 2023 01:49
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Kurniawati, Naning
NIDN0718098503
Thesis advisor
Cindarbumi, Festian
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3763

Actions (login required)

View Item
View Item