IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X MA AL HIDAYAH LAJUKIDUL SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN

Nasikhah, Nikmatun (2014) IMPLEMENTASI METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS X MA AL HIDAYAH LAJUKIDUL SINGGAHAN KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu metode yang dapat dijadikan alternatif untuk itu adalah Metode Ceramah Dan Demonstrasi, dengan pendekatan metode ini diharapkan dapat memungkinkan terjadinya proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada diri siswa ketika guru mengajarkan mata pelajaran Fiqih dengan pendekatan Metode Ceramah Dan Demonstrasi.
Ceramah Dan Demonstrasi adalah pengubahan belajar yang meriah, dengan menyertakan segala kaitan, interaksi dan perbedaan yang memaksimalkan moment belajar serta berfokus pada hubungan dinamis dalam lingkungan kelas serta interksi yang mendirikan landasan dan kerangka untuk belajar. Atau merupakan suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam bahan pelajaran yang mereka pelajari dengan car menghubungkan dengan konteks lingkungan pribadi, sosial, dan budaya.
Berpijak dari latar belakang diatas maka penulis melakukan penelitian yang dilakukan di MA Al Hidayah Desa Lajukidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan penulis gunakan beberapa metode diantaranya yaitu metode observasi, metode interview dan dokumentasi. Dan data yang telah terkumpul penulis analisa dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif. Setelah data terkumpul maka penulis melakukan pengecekan kebsahan data dengan menggunakan tabulasi data apakah data tersebut sudah benar atau masih perlu dilengkapi.
Yang menjadi penghalang Metode Ceramah Dan Demonstrasi Materi Pendidikan Agama Islam di MA Al Hidayah Desa Lajukidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban adalah kurang sesuainya kurikulum dengan materi yang disampaikan akan mengakibatkan sulitnya siswa dalam belajar. Semua para guru Pendidikan Agama Islam merasakan mengalami halangan baik yang bersumber dari murid, kurangnya komunikasi antara guru yang satu dengan guru yang lainnya, waktu, media penyampaian, sarana dan prasaran yang kurang memadai. Oleh karena itu dalam Metode Ceramah Dan Demonstrasi Materi Fiqih seorang pengajar harus menentukan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi, secara matang, apabila hal ini dilakukan dengan baik, maka berbagai halangan yang ada dapat dikaji secara benar guna mencari penyebab permasalahan-permasalahan dari penggunaan Metode Ceramah dan Demonstrasi di MA Al Hidayah Desa Lajukidul Kecamatan Singgahan Kabupaten Tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah Dan Demonstrasi, Prestasi Belajar Fiqih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 09 Jan 2022 12:14
Last Modified: 09 Jan 2022 12:14
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rozaq, Abdul
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/376

Actions (login required)

View Item
View Item