Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa

Kharomah, Laelatul (2023) Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Computational Thinking Siswa. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Computational Thinking adalah kemampuan yang dimiliki siswa untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara bernalar dan menggunakan algoritma yang jelas. Kemampuan kognitif tersebut menjadi salah satu keterampilan penting dalam mendukung siswa terhadap konsep matematika. Namun, faktanya kemampuan Computational Thinking siswa Indonesia masih rendah, hal ini ditunjukkan dari hasil PISA tahun 2018, yang mana kurang dari 10% siswa Indonesia yang berada pada level 4, 5 dan 6. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan Comoutational Thinking siswa adalah dengan memberikan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Berdasarkan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh M. Gunawan Supiarmo pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih mampu meningkatkan kemampuan Computational Thinking siswa daripada dengan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan Compuatational Thinking siswa. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bojonegoro pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 6 kelas dan dipilih 1 kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskripsif menunjukkan rata-rata kemampuan awal siswa (pretest) yaitu 31, 89 berada pada kategori rendah, dan rata-rata hasil kemampuan Computational Thinking siswa (posttest) yaitu 74, 62 berada pada kategori sedang, dengan rata-rata peningkatan kemampuan Computational Thinking dengan uji Normalized Gain sebesar 0, 65 yang berada pada kategori sedang. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistika inferensial dengan uji-t yang menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0, 05 (0, 000 < 0, 005) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan sebelum dan sesudah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Dan dari hasil perhitungan effect size sebesar 7, 76 dengan kategori berefek tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif dalam meningkatkan kemampuan Computational Thinking siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Computational Thinking
Subjects: 500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Laelatul Kharomah
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:41
Last Modified: 11 Sep 2023 08:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fitri, Anisa
NIDN0719049202
Thesis advisor
Cindarbumi, Festian
NIDN0709068903
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item
View Item