PENGARUH METODE HAFALAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA DESA SEKARAN KEC. BALEN KAB. BOJONEGORO

YUNUS, MUHAMMAD MAHMUD (2015) PENGARUH METODE HAFALAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL HUDA DESA SEKARAN KEC. BALEN KAB. BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana pe nggunaan metode hafalan siswa (X) dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Huda tahun pelajaran 2014/2015; 2) Bagaimana prestasi belajarsiswa (Y) dalam bidang studi Al -Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Huda tahun pelajaran 2014/2015; 3) Adakah pengaruh antara metode hafalan siswa dengan prestasi siswa dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Huda tahun pelajaran 2014/2015. Prosedur atau tahapan -tahapan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional. Subjek penelitian sebanyak 25 responden dan merupakan penelitian populasi. Dalam pengumpulan data menggunakan metodetes, kemudian untuk menjaring data X digunakan instrument tes kecakapan (performance test) denganlisan (oral), dan untuk menjaring data Y digunakantestertulis (written test). Instrumen tes tertulis terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian yang terkumpul di analisis deng an menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product-moment. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode hafalan siswa adalah tergolong sangat “baik”. Hal ini terlihat dari nilai rata -rata (mean) yang diperoleh, yaitu sebesar 55,16 yang berada pada kelas interval 51,0 – 62,0 ( Baik ) ; (2) prestasi belajar Siswa Kelas IX MTs Manba’ul Huda adalah tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata -rata (mean) yang didapat, yakni sebesar 75,4 yang berada pada kelas interval 75 – 80 (baik) ; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara metode hafalan terhadap prestasi belajar Siswa Kelas IX dalam bidang studi Al -Qur’an Hadits di MTs Manba’ul Huda Sekaran Balen Bojonegoro, karena pada kenyataannya nilai r hitung (koefisien korelasi) yang diperoleh, yaitu 0,851, lebih besar dari r tabel, baik pada taraf signifikansi (α) 5% (rhitung > rtabel = 0,851 > 0,505 ) maupun (α) 1% ( rhitung > rtabel = 0,851 > 0,396), kemudian tidak negatifnya koefisien korelasi yang diperoleh menunjukkan adanya korelasi sejajar yang searah (positif) antara variabel X dan variabel Y. Jadi, apabila tingkat hafalan siswa dalam pelajaran naik, maka prestasi belajar Siswa cenderung naik. Koefisien determinasi (KD = rxy2 x 100) sebesar 72,42; ini berarti bahwa 72,42 % prestasi belajar Siswa (variabel Y) turut ditentukan oleh tingkat hafalan Siswa (variabel X). Berdasarkan hasil penelitian ini diha rapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi Mahasiswa, tenaga pengajar, tenaga pendidik, khususnya di lingkungan pesantren, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro, terutama dalam mengoptimalkan hafalan sebagai sebuah metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar, Studi Al-Qur’an Hadits
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 09 Jan 2022 09:24
Last Modified: 09 Jan 2022 09:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Masjkur, Masjkur
UNSPECIFIED
Thesis advisor
fahman, Mundzar
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/371

Actions (login required)

View Item
View Item