NURSIAMI, LILIK (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH BANAT SENORI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (149kB)
AWALAN.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (968kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (985kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Matematika merupakan ilmu yang di ajarkan pada setiap jenjang pendidikan. Matematika dianggap sulit dan membosankan karena hanya teori saja tanpa menggunakan alat bantu seperti media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi terdapat bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru saja, strategi dan media yang digunakan saat proses pembelajaran masih monoton yaitu ceramah sehingga siswa kurang berminat dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika materi perkalian dalam proses pembelajarannya belum ada media yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media bolian pada mata pelajaran matematika materi perkalian kelas II serta hasil pengembangan media bolian pada mata pelajaran matematika materi perkalian kelas II MI Islamiyah Banat Senori. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D), Penelitian ini menggunakan model Borg and Gal yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk,uji coba kelompok besar, revisi produk, hasil produk. pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan validasi, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan validasi, angket dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: Pengembangan Media Bolian pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas II di MI dapat membantu siswa dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika materi perkalian di MI Islamiyah Banat Senori. Hasil kelayakan media bolian dari ahli materi yaitu mendapatkan persentase sebesar 83%, ahli media 83% sedangkan dari ahli bahasa 80% dari kriteria kelayakan, dari hasil perolehan angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 98% sedangkan pada kelompok besar memperoleh presentase 92%.
Kata kunci : Media Pembelajaram, Bolian, Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Bolian, Matematika |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | lilik nursiami |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 05:53 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 05:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Amreta, Midya yuli NIDN0715059004 Thesis advisor Rofi'ah, Firda zakiyatur NIDN2106089303 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3668 |