PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH BANAT SENORI

NURSIAMI, LILIK (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLIAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH BANAT SENORI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang di ajarkan pada setiap jenjang pendidikan. Matematika dianggap sulit dan membosankan karena hanya teori saja tanpa menggunakan alat bantu seperti media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi terdapat bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru saja, strategi dan media yang digunakan saat proses pembelajaran masih monoton yaitu ceramah sehingga siswa kurang berminat dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran matematika materi perkalian dalam proses pembelajarannya belum ada media yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media bolian pada mata pelajaran matematika materi perkalian kelas II serta hasil pengembangan media bolian pada mata pelajaran matematika materi perkalian kelas II MI Islamiyah Banat Senori. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D), Penelitian ini menggunakan model Borg and Gal yang terdiri dari 10 langkah pengembangan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk,uji coba kelompok besar, revisi produk, hasil produk. pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan validasi, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan validasi, angket dan tes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: Pengembangan Media Bolian pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas II di MI dapat membantu siswa dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika materi perkalian di MI Islamiyah Banat Senori. Hasil kelayakan media bolian dari ahli materi yaitu mendapatkan persentase sebesar 83%, ahli media 83% sedangkan dari ahli bahasa 80% dari kriteria kelayakan, dari hasil perolehan angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 98% sedangkan pada kelompok besar memperoleh presentase 92%.
Kata kunci : Media Pembelajaram, Bolian, Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Bolian, Matematika
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: lilik nursiami
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:53
Last Modified: 11 Sep 2023 05:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Amreta, Midya yuli
NIDN0715059004
Thesis advisor
Rofi'ah, Firda zakiyatur
NIDN2106089303
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item
View Item