QULUB, IFTA ATIBATUL (2023) INTERNALISASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DALAM EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI KALICILIK SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (34kB)
awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (748kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (644kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (659kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (480kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (598kB)
LAMPIRAN New.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada jaman modern saat ini jiwa pancasila dikalangan pelajar sudah mulai menurun begitu juga dengan sifat para pelajar seperti tawuran antar pelajar, miras dikalangan pelajar, peredaran narkoba dikalangan pelajar dan masyarakat, toleransi antar umat yang mulai memudar dan lain sebagainya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana internalisasi profil pelajar pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Kalicilik? 2) Apa saja factor pendukung dan penghambat dalam internalisasi profil pelajar pancasila dalam ekstrakulikuler pramuka di SD negeri kalicilik? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan internalisasi profil pelajar pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri Kalicilik. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam internalisasi profil pelajar pancasila dalam ekstrakulikuler pramuka di Sd Negeri Kalicilik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengambil lokasi di SD Negeri Kalicilik, Desa Kalicilik Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. Sampel sumber data dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, data reduction, data display, dan conclusion. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Internalisasi profil pelajar pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui kegiatan upacara, latihan rutin, dan Perkemahan Sehari (PERSARI). Nilai-nilai karakter yang ada di dalam kegiatan upacara yaitu kedisiplinan, religius, dan tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan latihan yaitu: PBB (disiplin, jiwa kepemimpinan, kesatuan dan tanggung jawab), PERSARI (mandiri, kerja keras, peduli social, peduli lingkungan). Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam permainan yaitu peduli sosial, kreatif, tanggung jawab, dan toleransi.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi profil pelajar pancasila, ekstrakulikuler pramuka |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar > 372.45 Reading Skill Strategies/Strategi Keterampilan Membaca 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | IFTA ATIBATUL QULUB |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:58 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:58 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor SUTTRISNO, SUTTRISNO NIDN0717069401 Thesis advisor AMRETA, MIDYA YULI NIDN2130079101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3646 |