SAMSURI, SAMSURI (2014) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI PADA MATA PELAJARAN TAJWID KELAS 2 WUSTHO MADRASAH DINIYAH TARBIYATUT THULLAB SUMURCINDE SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (134kB)
AWALAN.pdf
Download (283kB)
BAB I .pdf
Download (242kB)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (355kB) | Request a copy
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (429kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (143kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB) | Request a copy
Abstract
Keberhasilan santri dalam belajar dapat dilihat dari prestasi belajar santri yang bersangkutan. Prestasi belajar yang diperoleh santri dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal yang sangat penting peranannya dalam menentukan prestasi belajar santri di antaranya adalah disiplin belajar.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana kedisiplinan belajar santri kelas 2 wustho Madrasah Diniyah Tarbiyatut Thullab Sumurcinde Soko Tuban, (2) bagaimana prestasi belajar santri kelas 2 wustho pada mata pelajaran tajwid di Madrasah Diniyah Tarbiyatut Thullab Sumurcinde Soko Tuban, (3) apakah ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar santri kelas 2 wustho pada mata pelajaran tajwid di Madrasah Diniyah Tarbiyatut Thullab Sumurcinde Soko Tuban. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kedisiplinan belajar santri kelas 2 wustho Madrasah Diniyah Tarbiyatut Thullab Sumurcinde Soko Tuban, (2) mengetahui prestasi belajar santri kelas 2 wustho pada mata pelajaran tajwid di Madrasah Diniyah Tarbiyatut Thullab Sumurcinde Soko Tuban, (3) mengetahui ada/tidak pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar santri kelas 2 wustho pada mata pelajaran tajwid di Madrasah Diniyah Tarbiyatut Thullab Sumurcinde Soko Tuban.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri kelas 2 Wustho Madrasah Diniyah Tarbiyatut Thullab Sumurcinde Soko Tuban yang berjumlah 26 santri. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel penelitian, karena meneliti seluruh populasi yang ada. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin belajar santri dalam kategori sedang (62,42%), dan prestasi belajar santri juga dalam kategori sedang (68,77). Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai ro sebesar 0,882 sedangkan nilai r table untuk N = 26 dengan taraf signifikan 5% adalah 0,388 dan untuk taraf signifikan 1% adalah 0,496. Maka ro dari hasil observasi lebih besar dari pada rt (r tabel). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa disiplin belajar mempengaruhi prestasi belajar santri kelas 2 wustho Madrasah Diniyah Tarbiyatut Thullab Sumurcinde Soko Tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 15:43 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 15:43 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Azizah, Imroatul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/364 |