PENGUATAN NILAI PENDIDIKAN WASAṬIYAH TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BANGILAN TUBAN

Muthoharoh, Muthoharoh (2023) PENGUATAN NILAI PENDIDIKAN WASAṬIYAH TERINTEGRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Unniversitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover .pdf] Text
Cover .pdf

Download (431kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini masalah kerukunan menjadi topic hangat yang selalu diperbincangkan di seluruh dunia. Contoh terdekat adalah pemilihan kepala negara atau daerah secara langsung sering menimbulkan gesekan walaupun sudah berakhir cukup lama. Oleh karenanya topic kerukunan ini senantiasa dibahas sepanjang masa mulai dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan untuk memperoleh keabsahan data dilakukan dengan teknik perpanjangan kehadiran, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan washatiyah dan budi pekerti di SMPN 1 Bangilan melalui pembiasaan-pembiasaan melalui media seperti menerapkan 3S (Senyum, Salam, Sapa), sholat dhuha berjama’ah, menghafalkan surat-surat pendek dan sholat dhuhur berjama’ah. Dan wujud sikap washatiyah siswa SMPN 1 Bangilan, yaitu nilai pendidikan tasamuh yang meliputi indikator toleransi dan nilai pendidikan perdamaian yang meliputi indikator komitmen kebangsaan. Faktor pendukung implementasi washatiyah. faktor pendukung meliputi motivasi guru dan osis, sedangkan motivasi penghambat, yaitu pengaruh dari dalam lingkungan sekolah dan keterbatasan waktu termasuk pada faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, wasaṭiyah, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUTHOHAROH Muthoharoh
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:48
Last Modified: 11 Sep 2023 08:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Manshur, Ahmad
NIDN2122037701
Thesis advisor
Shofiyuddin, Ahmad
NIDN2115058905
Teacher
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
Teacher
UNSPECIFIED
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item
View Item