Maimun, Muhammad (2023) ANALISIS LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs NURUL MUSTHOFA PANDAN NGRAHO DAN SMP NEGERI 1 NGRAHO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (271kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (456kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (514kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (316kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (296kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (347kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (950kB) | Request a copy
Abstract
Islam sangatlah memperhatikan dan mementingkan pendidikan. Sebab pendidikan merupakan wadah untuk membentuk manusia yang sempurna. Pendidikan adalah suatu pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran dan sifatnya. Pembelajaran di lingkungan sekolah tentunya membutuhkan suatu peran yang baik dari seorang tenaga pengajar dalam hal ini guru di sekolah, agar semua siswa dapat memahami pelajaran dengan baik tentunya dibutuhkan suatu motivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu faktor penunjang dalam suksesnya kegiatan belajar adalah minat siswa dalam belajar. Minat dan motivasi merupakan hal yang sangat penting bagi seorang anak dalam proses belajar. Dengan adanya motivasi tersebut maka kelangsungan kegiatan belajar dapat terjamin dan terarah, sehingga tujuan yang diinginkan oleh subjek belajar dapat tercapai. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana lingkungan keluarga yang memotivasi belajar siswa di MTs Nurul Musthofa Pandan Ngraho dan SMP Negeri 1 Ngraho? (2) Bagaimana strategi lingkungan keluarga dalam memotivasi belajar siswa di MTs Nurul Musthofa Pandan Ngraho dan SMP Negeri 1 Ngraho.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menganalisa berdasarkan kasus yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Penelitian ini memberikan hasil lingkungan keluarga yang memotivasi belajar siswa di MTs Nurul Musthofa Pandan Ngraho dan SMP Negeri 1 Ngraho yaitu peran penting keluarga dalam memotivasi belajar siswa adalah keluarga berperan sebagai fungsi edukasi, fungsi sosial, fungsi perlindungan, fungsi afeksi, serta fungsi religius, serta fungsi ekonomi. Strategi yang diterapkan lingkungan keluarga dalam memotivasi belajar siswa adalah dengan memberikan tempat yang nyaman untuk belajar serta menanamkan motivasi yang kuat kepada anak mereka. Strategi yang diterapkan pada beberapa lingkungan keluarga adalah peran orang tua untuk selalu memberikan perhatian kepada anak saat mereka sedang belajar, serta menetapkan pola dalam belajar, dengan tujuan untuk membuat fokus pembelajaran kepada anak mereka.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Maimun |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 03:59 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 03:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana NIDN731127601 Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN2109028601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3584 |