ANALISIS LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs NURUL MUSTHOFA PANDAN NGRAHO DAN SMP NEGERI 1 NGRAHO

Maimun, Muhammad (2023) ANALISIS LINGKUNGAN KELUARGA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs NURUL MUSTHOFA PANDAN NGRAHO DAN SMP NEGERI 1 NGRAHO. Magister (S2) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB) | Request a copy

Abstract

Islam sangatlah memperhatikan dan mementingkan pendidikan. Sebab pendidikan merupakan wadah untuk membentuk manusia yang sempurna. Pendidikan adalah suatu pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran dan sifatnya. Pembelajaran di lingkungan sekolah tentunya membutuhkan suatu peran yang baik dari seorang tenaga pengajar dalam hal ini guru di sekolah, agar semua siswa dapat memahami pelajaran dengan baik tentunya dibutuhkan suatu motivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu faktor penunjang dalam suksesnya kegiatan belajar adalah minat siswa dalam belajar. Minat dan motivasi merupakan hal yang sangat penting bagi seorang anak dalam proses belajar. Dengan adanya motivasi tersebut maka kelangsungan kegiatan belajar dapat terjamin dan terarah, sehingga tujuan yang diinginkan oleh subjek belajar dapat tercapai. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana lingkungan keluarga yang memotivasi belajar siswa di MTs Nurul Musthofa Pandan Ngraho dan SMP Negeri 1 Ngraho? (2) Bagaimana strategi lingkungan keluarga dalam memotivasi belajar siswa di MTs Nurul Musthofa Pandan Ngraho dan SMP Negeri 1 Ngraho.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan menganalisa berdasarkan kasus yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi.
Penelitian ini memberikan hasil lingkungan keluarga yang memotivasi belajar siswa di MTs Nurul Musthofa Pandan Ngraho dan SMP Negeri 1 Ngraho yaitu peran penting keluarga dalam memotivasi belajar siswa adalah keluarga berperan sebagai fungsi edukasi, fungsi sosial, fungsi perlindungan, fungsi afeksi, serta fungsi religius, serta fungsi ekonomi. Strategi yang diterapkan lingkungan keluarga dalam memotivasi belajar siswa adalah dengan memberikan tempat yang nyaman untuk belajar serta menanamkan motivasi yang kuat kepada anak mereka. Strategi yang diterapkan pada beberapa lingkungan keluarga adalah peran orang tua untuk selalu memberikan perhatian kepada anak saat mereka sedang belajar, serta menetapkan pola dalam belajar, dengan tujuan untuk membuat fokus pembelajaran kepada anak mereka.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Uncontrolled Keywords: Analisis, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Maimun
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:59
Last Modified: 11 Sep 2023 03:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
NIDN731127601
Thesis advisor
Burhanuddin, Hamam
NIDN2109028601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item
View Item