Mahsunah, Mahsunah (2014) PRESTASI BELAJAR SANTRI KELAS II WUSTHO MADRASAH DINIYAH ROUDLOTUT THOLIBIN BALEN BOJONEGORO (STUDI KOMPARASI SANTRI MUKIM DENGAN SANTRI KALONG). Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (186kB)
AWALAN.pdf
Download (271kB)
BAB I.pdf
Download (240kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (345kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (518kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (182kB)
BAB IV.pdf
Download (518kB)
Abstract
Prestasi belajar menjadi sangat penting untuk dipermasalahkan karena dapat dijadikan sebagai indikator kecerdasan santri, indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai santri, serta menjadi indikator intern dan ekstern dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu, latar belakang mengapa penulis melakukan penelitian di Madrasah Diniyah Roudlotut Tholibin Balen Bojonegoro, dikarenakan asumsi sebagian besar masyarakat bahwa santri di Pesantren tidak mampu bersaing dengan santri di luar pesantren. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar santri kelas II Madrasah Dniyah Wustho Roudlotut Tholibin Balen Bojonegoro yang tinggal di pesantren atau yang dikenal dengan santri mukim dan yang tinggal di luar pesantren atau disebut santri kalong, serta mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara santri yang tinggal di pesantren dengan yang tinggal di luar pesantren.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Adapun subyek penelitianya adalah siswa kelas II Madrasah Diniyah Wustho Roudlotut Tholibin Balen Bojonegoro. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui data prestasi belajar santri, serta untuk melengkapi data yang diperlukan dalam penelitian. Metode observasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui keadaan Madrasah Diniyah Wustho Roudlotut Tholibin Balen Bojonegoro. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis chi kuadrat. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa yang tinggal di pesantren atau santri mukim dan yang tinggal di luar pesantren atau santri Kalong. Analisis chi kuadrat digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar santri antara yang tinggal di pesantren dengan yang tinggal di luar pesantren.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1. prestasi belajar santri yang tinggal di pesantren atau santri mukim cenderung berada pada rangking tinggi, yang berarti bahwa santri-santri yang tinggal di pesantren atau santri mukim prestasinya tergolong baik. 2. prestasi belajar santri yang tinggal di luar pesantren atau santri kalong cenderung rendah, yang berarti bahwa santri-santri yang tinggal di luar pesantren atau santri kalong prestasinya kurang baik.
3. Terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara santri mukim atau santri yang bertempat tinggal di pesantren dengan santri kalong atau santri yang bertempat tinggal diluar pesantren.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, santri mukim, santri kalong |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 13:22 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 13:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rozaq, Abdul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/358 |