ALAUDIN, BAGUS AFFAN (2023) PENERAPAN PROGRAM AKSELERASI TAHFIZUL QUR’AN DALAM MEMPERCEPAT HAFALAN SISWA DI MA SAINS QUR’AN ARRIDWAN SUKOREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
cover.pdf
Download (747kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (781kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (666kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (774kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (545kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (648kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Saat ini banyak lembaga pendidikan Islam yang berusaha menjadikan anak didiknya lebih interaktif dengan Al Quran, karena membaca, menghafal, mempelajarinya dan mengamalkannya merupakan kunci kebahagiaan setiap muslim di dunia dan akhirat. Selain penyempurnaan kurikulum Al-Quran, lembaga pendidikan Islam juga berusaha meningkatkan prestasi siswa dengan meningkatkan motivasi siswa dengan program yang berbeda-beda, untuk mencapai tujuan pendidikan yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan program akselerasi tahfidzul Qur’an dalam mempercepat hafalan siswa MA Sains Qur’an Ar-Ridwan Sukorejo Bojonegoro, serta Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program akselerasi tahfidzul Qur’an dalam mempercepat hafalan siswa MA Sains Qur’an Ar-Ridwan Sukorejo Bojonegoro, dan kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan program akselerasi tahfidzul Qur’an dalam mempercepat hafalan siswa MA Sains Qur’an Ar-Ridwan Sukorejo Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa: Penerapan program akselerasi tahfidzul Qur’an dalam mempercepat hafalan siswa MA Sains Qur’an Ar-Ridwan Sukorejo Bojonegoro itu dengan beberapa kegiatan salah satunya yaitu memuroja’ah sendiri-sendiri sebelum pembelajaran. Faktor pendukung program akselerasi ini meliputi: wisuda juz 30, suasana yang mendukung, pembiasaan sholat hajat, dan motivasi dari pembimbing dan orang tua, untuk faktor penghambat meliputi kemalasan, tidak bersungguh-sungguh, dan jenuh. Faktor kekurangan dan kelebihan meliputi hasil hafalan menjadi kurang lancar karena ada targetdan untuk kelebihan siswa dapat menghafal lebih cepat karena adanya pencapaian.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akselerasi, Tahfizul Qur'an |
Subjects: | 200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | BAGUS AFFAN ALAUDIN |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:47 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:47 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma'arif, M. Jauharul NIDN2128097201 Thesis advisor Mamlu'ah, Aya NIDN2126079004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3572 |