MUNIR, MOHAMAD (2023) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAQ PERSPEKTIF SYEKH ZAINUDDIN BIN ALI AL MALIBARY (STUDY ANALISIS KITAB HIDAYATUL ADZKIYA’ ILA THORIQIL AULIYA’) DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PAI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (630kB)
Awalan.pdf
Download (2MB)
bab 1 .pdf
Restricted to Registered users only
Download (638kB) | Request a copy
bab II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (956kB) | Request a copy
bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB) | Request a copy
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (726kB) | Request a copy
bab v .pdf
Restricted to Registered users only
Download (918kB) | Request a copy
bab VI.pdf
Download (607kB)
daftar pustaka.pdf
Download (615kB)
Abstract
Beberapa tahun terakhir, telah banyak terjadi kasus kemerosotan akhlak yang kita ketahui dari berita media masa, hal ini menunjukkan bahwa penanaman kembali nilai-nilai pendidikan akhlak sangat dibutuhkan. Meninjau kembali kitab kitab karya ulama terdahulu adalah salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk menggali dan menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak kepada generasi muda. Hidayatul Adzkiya’ Ila Thoriqil Auliya’ merupakan kitab karangan Syekh Zainuddin Bin Ali Al-Malibari berisi masalah-masalah akhlak tasawwuf dilengkapi dengan nasehat yang bersumber dari Al Qur’an dan hadis nabi.sehingga menawarkan banyak nilai-nilai pendidikan akhlak, oleh karena itu peneliti merasa penting bahwa penelitian ini harus dilakukan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Konsep pendidikan akhlaq Menurut Syekh Zainuddin bin Ali Al-Malibari (2) Relevansi pendidikan akhlaq dengan pembelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Sumber dan data primer diperoleh dari kitab Hidayatul Adzkiya’. dan sumber data sekunder diperoleh dari publikasi ilmiah berupa buku, jurnal, dan hasil penelitian lain yang masih relevan dengan dua fokus penelitian di atas. Dalam analisisnya, penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis), analisis dilakukan dengan cara mengkaji secara mendalam yaitu dengan membaca dan menelaah isi kitab Hidayatul Adzkiya’ .
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, untuk menambah khazanah keilmuan tarbiyah dan meningkatkan ketajaman analisis tentang Syekh Zainuddin bin Ali Al-Malibari dalam kitab Hidayatul Adzkiya Mendorong, sehingga dapat mendalami konsep pendidikan Akhlaq dalam pendidikan Islam.dan hendaknya para siswa menginternalisasi dalam dirinya nilai akhlaq yang ada di kitab hidayatul adzkiya’ ,di antaranya :(1) Nilai Takwa (2) Nilai Ikhlas Dan Jujur (3).Nilai Disiplin (4).Nilai Rasa Ingin Tahu (5). Nilai Komunikatif Dan Bersahabat .(6).Nilai Rajin Membaca.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan akhlak dan pembelajaran PAI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MOHAMAD MUNIR |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 01:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 01:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED RAHMAWATI, ULVA BADI' NIDN2108088801 UNSPECIFIED KHOIRI, MIFTAKHUL NIDN0704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3545 |