Munawaroh, Siti Latifatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MEMBEKALKAN LITERASI SAINS PADA MATERI PROSES TERJADINYA HUJAN SISWA KELAS III DI MI AL-IKHLAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (102kB)
AWALAN.pdf
Download (925kB)
BAB I.pdf
Download (447kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (535kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (498kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (842kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (262kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (392kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Mata Pelajaran IPA adalah Pelajaran yang sangat penting pada jenjang Pendidikan dasar. Literasi sains pada peserta didik itu sangat penting untuk bekal pada era global. Pada penelitian ini kemampuan literasi sains sangat rendah dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang terdahulu. Solusi dari permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media diorama untuk membekalkan literasi sains pada materi proses terjadinya hujan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan media diorama materi proses terjadinya hujan kelas III di MI Al-Ikhlas.Peneliti menggunakan metode penelitian R&D (research and development). Dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Validasi media pembelajaran media diorama ada 2 yaitu, validasi ahli media dan validasi ahli materi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan media diorama yang telah dilakukan menunjukan bahwa media tersebut layak digunakan. Uji validitas yang dilakukan oleh peneliti yaitu validasi ahli media dan validasi ahli materi. Validasi ahli media dilakukan 2 kali dengan perolehan presentase dengan rata-rata 83%. Validasi ahli materi dengan perolehan presentase 90%. Hasil respon peserta didik yang sudah dilakukan memperoleh presentase 92,38%. Sehingga menunjukan bahwa media diorama yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media diorama, literasi sains, materi proses terjadinya hujan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | siti latifatul munawaroh |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 09:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 09:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fithriyah, Dewi Niswatul NIDN0721089502 Thesis advisor Rofi’ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3542 |