PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MEMBEKALKAN LITERASI SAINS PADA MATERI PROSES TERJADINYA HUJAN SISWA KELAS III DI MI AL-IKHLAS

Munawaroh, Siti Latifatul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK MEMBEKALKAN LITERASI SAINS PADA MATERI PROSES TERJADINYA HUJAN SISWA KELAS III DI MI AL-IKHLAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Mata Pelajaran IPA adalah Pelajaran yang sangat penting pada jenjang Pendidikan dasar. Literasi sains pada peserta didik itu sangat penting untuk bekal pada era global. Pada penelitian ini kemampuan literasi sains sangat rendah dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang terdahulu. Solusi dari permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media diorama untuk membekalkan literasi sains pada materi proses terjadinya hujan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan hasil pengembangan media diorama materi proses terjadinya hujan kelas III di MI Al-Ikhlas.Peneliti menggunakan metode penelitian R&D (research and development). Dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Validasi media pembelajaran media diorama ada 2 yaitu, validasi ahli media dan validasi ahli materi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan media diorama yang telah dilakukan menunjukan bahwa media tersebut layak digunakan. Uji validitas yang dilakukan oleh peneliti yaitu validasi ahli media dan validasi ahli materi. Validasi ahli media dilakukan 2 kali dengan perolehan presentase dengan rata-rata 83%. Validasi ahli materi dengan perolehan presentase 90%. Hasil respon peserta didik yang sudah dilakukan memperoleh presentase 92,38%. Sehingga menunjukan bahwa media diorama yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media diorama, literasi sains, materi proses terjadinya hujan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siti latifatul munawaroh
Date Deposited: 09 Sep 2023 09:29
Last Modified: 09 Sep 2023 09:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fithriyah, Dewi Niswatul
NIDN0721089502
Thesis advisor
Rofi’ah, Firda Zakiyatur
NIDN2106089303
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item
View Item