PERAN ORGANISASI IPNU IPPNU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ASWAJA PADA PELAJAR DI DESA NGROWO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPTEN BOJONGORO

RACHMAWATI, ELY (2023) PERAN ORGANISASI IPNU IPPNU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ASWAJA PADA PELAJAR DI DESA NGROWO KECAMATAN BOJONEGORO KABUPTEN BOJONGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (790kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

IPNU-IPPNU sebagai organisasi pelajar di bawah naungan organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama menjadi salah satu solusi peningkatan aspek religius para pelajar di Desa Ngrowo. Organisasi ini mampu melahirkan kader yang berakhlak, berilmu, mengetahui dengan jelas tentang organisasi, dan menjadi pelajar-pelajar yang penuh kreativitas untuk mensyiarkan agama Islam. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk lebih lanjut mengetahui tentang peran organisasi IPNU-IPPNU.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran organisasi IPNU-IPPNU dalam membentuk karakter Aswaja pada pelajar Desa Ngrowo; faktor pendukung dan penghambat dalam organisasi IPNU-IPPNU untuk membentuk karakter Aswaja pada pelajar Desa Ngrowo; dan dampak penerapan program organisasi IPNU-IPPNU dalam membentuk karakter Aswaja pada pelajar Desa Ngrowo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenispenelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalampenelitianini menggunakan observasi; wawancara bersama 5 orang pengurus ranting IPNU IPPNU Desa Ngrowo dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah data yang peneliti menggunakan teknik triangulasi teknik . Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode studi kasus dan Analisa data melalui Analisa deskriptif.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pertama, PR IPNU-IPPNU Desa Ngrowo memberikan fungsi baik fungsi organisasi secara umum, fungsi berdasarkan pedoman kaderisasi IPNU-IPPNU, dan peran dalam membentuk karakter religius Aswaja pada pelajar Desa Ngrowo. Adapun fungsi organisasi yang dicapai yaitu fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian berdasarkan teori fungsi organisasi oleh Henry Fayol. Dalam lingkup pedoman kaderisasi IPNU-IPPNU memenuhi fungsi untuk mencetak kader berilmu, berorganisasi, dan berakhlak. beberapa fungsi di atas dicapai dengan membantu program-program masyarakat; kedua, adanya faktor pendukung dan penghambat tidak menjadikan PR IPNU-IPPNU tidak dapat melaksanakan programnya. Melainkan setiap faktor penghambat dapat ditemukan solusinya sehingga program PR IPNU-IPPNU tetap berjalan sebagaimana tujuan yang diharapkan; ketiga, sejak berdirinya PR IPNU-IPPNU Desa Ngrowo berhasil memberikan warnadan berdampak dalam peningkatan karakter Aswaja pada pelajar Desa Ngrowo.

Kata Kunci: Peran Organisasi, IPNU-IPPNU, Karakter Aswaja

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: PERAN ORGANISASI, IPNU IPPNU, KARAKTER ASWAJA
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ely Rachmawati
Date Deposited: 09 Sep 2023 08:47
Last Modified: 09 Sep 2023 08:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
KHUMAINI, FAHMI
NIDN2104099007
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item
View Item