SULISTIANA, YULI (2015) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN MEMBACA AL-QUR’AN SURAT PENDEK PILIHAN DENGAN METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) PADA SISWA KELAS VIII A MTs GUPPI PADAS NGAWI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (169kB)
PENGESAHAN.pdf
Download (339kB)
BAB I.pdf
Download (348kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (306kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (421kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (140kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (900kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang maksimalnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar yang di sebabkan kurangnya pemahaman terhadap suatu materi yang dihasilkan dari pembelajaran yang sering digunakan guru pada umumnya: menyampaikan materi hanya menggunakan metode ceramah dan hafalan dan kurangnya penggunaan metode dan sarana prasarana dalam menunjang KBM.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan metode tutor sebaya (peer teaching ) pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits di kelas VIII A MTs Guupi Padas tahun pelajaran 2014/2015?, 2) Apakah dengan metode tutor sebaya (peer teaching ) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Qur‟an Hadits pokok bahasan membaca Al-Qur‟an surat pendek pilihan terhadap siswa kelas VIII A MTs Guupi Padas tahun pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, 2) upaya untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII A MTs GUPPI Padas Ngawi.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada siswa kelas VIII A MTs GUPPI Padas Ngawi yang kekatifan siswa dalam belajarnya masih rendah. Dengan menggunakan lembar observasi tentang keaktifan siswa. Dari pra penelitian skor keaktifan 371 dengan prosentase 49% kategori kurang. Kemudian pada Penelitian 1 skor keaktifannya 471 dengan prosentase meningkat menjadi 62% kategori baik. Dan pada Penelitian 2 skor keaktifan 582 dengan prosentase mengalami kenaikan yang signifikan sebesar 77% termasuk dalam kategori sangat baik. Dan peningkatan tersebut diatas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 77%.
Hasil Penelitian atau kesimpulan-kesimpulansebagai berikut : Ada pengingkatan Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pokok Bahasan Membaca Al-Qur’an Surat Pendek Pilihan dengan Metode Tutor Sebaya ( Peer Teaching ) pada Siswa Kelas VIII MTs Guppi Padas Ngawi Pelajaran 2014/2015 Semester Genap.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Belajar, Peer Teaching |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 12:21 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 12:21 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI UNSPECIFIED UNSPECIFIED SUKAMAR, SUKAMAR UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/354 |