PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR RAMBU LALU LINTAS BERBASIS ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDI DARUSSALAM DUNGMAS

SHALIHAH, FIKA RACHMATUS (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MINIATUR RAMBU LALU LINTAS BERBASIS ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDI DARUSSALAM DUNGMAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (915kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, masyarakat mulai mengabaikan norma dan aturan yang berlaku. Contohnya seperti pelanggaran lalu lintas. Oleh karena itu, pendidikan berlalu lintas dapat diajarkan ketika anak masuk usia sekolah. Di kelas III SD/MI terdapat materi rambu lalu lintas pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Materi tersebut dianggap sulit oleh siswa, dikarenakan bentuknya yang hanya berupa simbol dan gambar, sehingga siswa kesulitan membedakan dan menyebutkan maknanya. Apalagi jika pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan buku teks, siswa akan mudah bosan dan kurang tertarik belajar rambu lalu lintas. Maka tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran miniatur rambu lalu lintas berbasis role playing pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) model pengembangan ADDIE, terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan produk dilakukan uji coba produk kepada 3 validator yaitu: validator media, materi, dan bahasa, selanjutnya produk diuji cobakan kepada siswa kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan tes. Instrumen penelitian menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini, yaitu: pengembangan media pembelajaran miniatur rambu lalu lintas berbasis role playing sangat layak digunakan. Hasil validasi ahli media 90%, ahli materi 88,5%, ahli bahasa 90%, dan angket respon siswa 96% dengan kategori “sangat layak”. Dan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan, ketika prestest 52,5 dan posttest 80,5. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran miniatur rambu lalu lintas sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Miniatur Rambu lalu lintas, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fika Rachmatus Shalihah
Date Deposited: 09 Sep 2023 08:55
Last Modified: 09 Sep 2023 08:55
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fithriyah, Dewi Niswatul
NIDN0721089502
Thesis advisor
Suttrisno, Suttrisno
NIDN0717069401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item
View Item