PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA DI KELAS V MI BABUL ULUM KANTEN

RUNASIH, RUNASIH (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA DI KELAS V MI BABUL ULUM KANTEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia salah satunya disebabkan oleh kurang aktifnya peserta didik ketika pembelajaran dan media pembelajaran serta bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran tidak memuat unsur literasi sains. Penggunaan bahan ajar seperti modul pembelajaran praktikum dapat membantu peserta didik aktif ketika pembelajaran berlangsung. Modul pembelajaran praktikum merupakan bahan ajar yang disusun untuk menuntun peserta didik dalam mempraktikan teori serta membantu kesulitan belajar peserta didik. Dengan adanya praktikum peserta didik dibekali literasi sains dari kegiatan praktik yang mereka lakukan.
Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti ini adalah 1) Mengetahui proses pengembangan modul pembelajaran praktikum berbasis literasi sains pada materi sifat benda dan perubahannya di kelas V MI Babul Ulum Kanten. 2) Menjabarkan hasil pengembangan modul pembelajaran praktikum berbasis literasi sains pada materi sifat benda dan perubahannya di kelas V MI Babul Ulum Kanten
Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah metode Research and Development (R&D). Menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, angket serta tes. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis produk yang meliputi analisis validasi dan analisis angket respon siswa. Kemudian analisis tes.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah modul pembelajaran praktikum yang sudah divalidasikan kepada ahli media dan mendapatkan nilai 92%, ahli materi mendapat nilai 85%, dan ahli bahasa mendapat nilai 87%, dengan rata-rata nilai hasil validasi 88% dan dinyatakan sangat layak diterapkan. Modul juga mendapatkan hasil angket respon siswa skala kecil sebanyak 82%, dan 91% dari angket penlilaian modul pada skala besar yang diberikan peneliti kepada peserta didik dikelas V MI Babul Ulum yang berjumlah 18 anak.

Kata Kunci: Literasi Sains, Modul Pembelajaran Praktikum, Sifat Benda dan Perubahannya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Modul Pembelajaran Praktikum, Sifat Benda dan Perubahannya.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Runa sih
Date Deposited: 09 Sep 2023 08:07
Last Modified: 09 Sep 2023 08:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
YULIA, NURUL MAHRUZAH
NIDN0722079501
Thesis advisor
AMRETA, MIDYA YULI
NIDN2130079101
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item
View Item