RUNASIH, RUNASIH (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA DI KELAS V MI BABUL ULUM KANTEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (30kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (992kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (688kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (930kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (516kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (632kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia salah satunya disebabkan oleh kurang aktifnya peserta didik ketika pembelajaran dan media pembelajaran serta bahan ajar yang digunakan pada proses pembelajaran tidak memuat unsur literasi sains. Penggunaan bahan ajar seperti modul pembelajaran praktikum dapat membantu peserta didik aktif ketika pembelajaran berlangsung. Modul pembelajaran praktikum merupakan bahan ajar yang disusun untuk menuntun peserta didik dalam mempraktikan teori serta membantu kesulitan belajar peserta didik. Dengan adanya praktikum peserta didik dibekali literasi sains dari kegiatan praktik yang mereka lakukan.
Tujuan penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti ini adalah 1) Mengetahui proses pengembangan modul pembelajaran praktikum berbasis literasi sains pada materi sifat benda dan perubahannya di kelas V MI Babul Ulum Kanten. 2) Menjabarkan hasil pengembangan modul pembelajaran praktikum berbasis literasi sains pada materi sifat benda dan perubahannya di kelas V MI Babul Ulum Kanten
Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah metode Research and Development (R&D). Menggunakan model ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, angket serta tes. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis produk yang meliputi analisis validasi dan analisis angket respon siswa. Kemudian analisis tes.
Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah modul pembelajaran praktikum yang sudah divalidasikan kepada ahli media dan mendapatkan nilai 92%, ahli materi mendapat nilai 85%, dan ahli bahasa mendapat nilai 87%, dengan rata-rata nilai hasil validasi 88% dan dinyatakan sangat layak diterapkan. Modul juga mendapatkan hasil angket respon siswa skala kecil sebanyak 82%, dan 91% dari angket penlilaian modul pada skala besar yang diberikan peneliti kepada peserta didik dikelas V MI Babul Ulum yang berjumlah 18 anak.
Kata Kunci: Literasi Sains, Modul Pembelajaran Praktikum, Sifat Benda dan Perubahannya.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Sains, Modul Pembelajaran Praktikum, Sifat Benda dan Perubahannya. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Runa sih |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 08:07 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 08:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor YULIA, NURUL MAHRUZAH NIDN0722079501 Thesis advisor AMRETA, MIDYA YULI NIDN2130079101 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3513 |