ROSYIDAH, SITI MUHIMMATUR (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Tubokas Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Membaca SiswaKelas 1 MI Al Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
C0VER.pdf
Download (214kB)
AWALAN.pdf
Download (970kB)
BAB 1.pdf
Download (781kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (878kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (526kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (652kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Literasi merupakan kemampuan seseorang menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis. Tujuan dari literasi tersebut adalah memperkuat dalam standar isi, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di dalam negeri, dan mengembangkan pola pikir yang ada dalam masyarakat kita. Pembelajaran keterampilan literasi membaca dianggap membosankan karena menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan alat bantu seperti media pembelajaran.Manfaat pengembangan media untuk mengetahui bagaimana penggunaan media Tubokas, sebagai sarana untuk membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran, agar lebih mudah dalam melakukan keterampilan literasi membaca.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran dan mendeskripsikan pengembangan media pembelaran Tubokas dan untuk mendeskripsikan efektifitas media Tubokas untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca kelas 1 MI Al Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban.
Penelitian ini merupakan pengembangan Research and Development. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Objek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Khoiriyah Bulung Nguruan Soko Tuban.
Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan teknik validasi, observasi, wawancara, tes dan angket. Teknik analisis data meliputi uji validitas untuk mengetahui baik tidaknya instrumen penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut : (1) Penelitian ini menggunakan model ADDIE (2) berdasarkan validasi ahli materi terhadap pengembangan media Tubokas diperoleh skor 86% dengan kategori sangat baik menunjukkan bahwasanya materi sesuai dengan media pembelajaran, sedangkan validasi ahli media terhadap pengembangan media Tubokas diperoleh skor sebesar 66% dengan kategori cukup baik, maka media layak digunakan. Hasil Pre-Test 57,5% dinyatakan tidak tuntas, kemudian dilakukan Post-Test dengan hasil 80% sehingga siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran.
Kata kunci : Keterampilan Literasi Membaca, Media Pembelajaran, Tubokas
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Literasi Membaca, Media Pembelajaran, Tubokas. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Muhimmatur Rosyidah |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 07:33 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 07:33 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fithriyah, Dewi Niswatul NIDN0721089502 Thesis advisor Amreta, Midya Yuli NIDN0715059004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3511 |