NURROHMAN, WAHYU (2014) PENGARUH METODE LATIHAN (DRILL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AL QUR’AN HADIST SISWA MA ISLAMIYAH JATISARI SENORI TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (188kB)
ABSTRAK.pdf
Download (89kB)
AWALAN.pdf
Download (204kB)
BAB I.pdf
Download (217kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (222kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (122kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB) | Request a copy
Abstract
Metode Latihan merupakan cara mengajar yang digunakan oleh guru untuk menyajikan bahan pelajaran kepada siswa untuk memelihara kebiasaan-kebiasaan yang telah nyata diterima. Selain itu metode juga dapat digunakan untuk memperoleh suatu ketangkasan, ketepatan, kesempurnaan dan keterampilan latihan tentang sesuatu yang dipelajari. Dengan melakukan secara praktis pengetahuan tersebut dapat disempurnakan dan dikembangkan. Dengan demikian metode latihan bukan hanya sekedar melaksanakan latihan secara membabi buta, bukan hanya asal mengulang, tetapi melaksanakan latihan dengan pengertian yang mempunyai tujuan tertentu.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana pelaksanaan metode latihan dalam pembelajaran al – qur’an hadits, (2) bagaimana motivasi belajar siswa, dan (3) Apakah pelaksanaan metode latihan tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa MA Islamiyah Jatisari Senori Tuban. Sedangkan tujuan peneliti ini adalah: (1) Mengetahui pelaksanaan metode latihan, (2) Mengetahui motivasi belajar siswa, dan Mengetahui pengaruh metode latihan terhadap motivasi belajar al – qur’an hadits siswa MA Islamiyah Jatisari Senori Tuban.
Penelitian ini dilakukan terhadap 641 siswa di MA Islamiyah Jatisari Senori Tuban. Setelah penelitian dilakukan terhadap 64 siswa anggota sampel, dan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik korelasi product moment.Skor hasil analisis yang penulis dapatkan adalah 0,739. Tabel interpretasi nilai r product moment menyatakan bahwa nilai r pada rentang 0,600 – 0,800 adalah kuat. Dengan demikian, pelaksanaan metode latihan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Latihan, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 08:32 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 08:32 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/351 |