ANNAHARIYAH, NURIN NADHIROH (2023) PEMANFAATAN KEMAJUAN TEKNOLOGI DIGITAL (ANALISIS PENGGUNAAN ANDROID TV DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MA MIFTAHUL ULUM BULU BALEN BOJONEGORO). Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (62kB)
awalan.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (463kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (394kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (560kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (336kB)
BAB VI.pdf
Download (308kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (373kB)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran fikih dengan menggunakan buku paket dan buku pengayaan siswa, akan mengakibatkan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran menurun Hal ini juga terjadi pada siswa MA Miftahul Ulum yang mana hanya fokus pada pemberian tugas sehingga pembelajaran menjadi membosankan. Penerapan android Televisi (TV) sebagai media pembelajaran memberikan kesempatan otentik bagi siswa untuk belajar menggunakan media dunia nyata. Selain itu, juga akan menjadikan siswa sadar akan dunia komunikasi elektronik yang selalu berubah, dan memungkinkan siswa memiliki konsepsi yang lebih baik tentang materi pembelajaran fikih,Penelitian ini menggunakan pendekatan deskiptif kualitatif yang berarti mengeksplorasi atau memotret situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh, dengan jenis penelitian studi kasus yang berarti subjek penelitian yang berkenaan dengan suatu fase spesifik. Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer yang berasal dari hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekundernya berasal dari buku-buku, kitab fikih, jurnal, dan internet. Metode pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) analisis penggunaan TV android pada pembelajaran fikih di MA Miftahul Ulum Bulu adalah TV android dapat memberikan akses materi yang kaya, visualisasi yang lebih baik, pembelajaran yang interaktif, dan meningkatnya parsitipasi siswa dalam pembelajaran. (2) Kelebihan TV andorid dalam pembelajaran fikih adalah penyampaian materi lebih jelas, dapat dipahami siswa, partisipasi dan keaktifan siswa meningkat. Sedangkan kekurangannya adalah audio kebanyakan menggunakan bahasa verbal sehingga siswa kurang faham dengan pelajaran, memutar vidio harus dua atau tiga kali, dan siswa mengantuk jika terlalu lama menggunakan TV android
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran fikih, TV android, siswa. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurin Nadhiroh Annahariyah |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 02:25 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 02:25 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rozi, Fahru NIDN2125048401 Thesis advisor Khoiriyah, Siti NIDN0721099501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3506 |