HUBUNGAN STRATEGI MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH FALAHIYAH SIDODADI SUKOSEWU BOJONEGORO

KHOIRI, TOYIBUL (2014) HUBUNGAN STRATEGI MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH FALAHIYAH SIDODADI SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy

Abstract

Upaya pengembangan strategi mengajar bertolak dari pengertian mengajar adalah “sebagai upaya memberikan bimbingan kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar. ‘Teaching is the guidance of learning activities’.” Pandangan atau pengertian mengajar tersebut pada hakikatnya adalah memberi tekanan kepada optimalnya kegiatan belajar siswa. Dengan perkataan lain, mengajar tidak semata-mata berorientasi kepada hasil (by produc), tetapi juga berorientasi kepada proses (by process) dengan harapan, makin tinggi proses makin tinggi pula hasil yang dicapai.
Dalam perumusan masalah ini langkah singkron dan konsisten dengan butir-butir pembatasan masalah yang kemudian dikemukakan dalam bentuk pertanyaan yaitu:(1) Bagaimana strategi mengajar guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Falahiyah Sidodadi Sukosewu Bojonegoro? (2) Bagaimana prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Falahiyah Sidodadi Sukosewu Bojonegoro?(3) Apakah ada pengaruh antara hubungan strategi mengajar guru dalam prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Falahiyah Sidodadi Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro?
Dari hasil pengamatan penulis melalui teknik angket (1) Strategi mengajar guru Madrasah Ibtidaiyah Falahiya, tergolong cukup baik. Hal ini terbukti dari persentase 73%. Mereka lebih dominan memilih jawaban “A” yang mempunyai skor 4 paling banyak dari ketiga pilihan jawaban lainnya. Pilihan jawaban tersebut mengandung jawaban yang lebih baik/positif dibandingkan yang lainnya. (2) Dari teknik angket, bisa disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Falahiya tergolong cukup baik. Hal ini terbukti dari persentase 78%. Mereka lebih dominan memilih jawaban “A” yang mempunyai skor 4 paling banyak dari ketiga pilihan jawaban lainnya. (3)Berdasarkan nilai yang diperoleh, yakni 0,691 kemudian dikorelasikan dengan interpretasi nilai “r” koefisien korelasi product moment, maka pengaruh strategi mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Falahiya Sidodadi Sukosewu Bojonegoro tergolong kuat. Dimana menurut tabel interpretasi nilai “r” antara 0,60 – 0,799 adalah kuat. Jadi, semakin baik strategi mengajar seorang guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak para siswa-siswinya, semakin baik pula pr

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi mengajar guru, Prestasi Belajar Aqidah Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 Dec 2021 08:17
Last Modified: 12 Dec 2021 08:17
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Agus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item
View Item