KHOIRI, TOYIBUL (2014) HUBUNGAN STRATEGI MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH FALAHIYAH SIDODADI SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (44kB)
AWALAN.pdf
Download (234kB)
BAB I.pdf
Download (271kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (307kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (126kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (442kB) | Request a copy
Abstract
Upaya pengembangan strategi mengajar bertolak dari pengertian mengajar adalah “sebagai upaya memberikan bimbingan kepada siswa untuk melakukan kegiatan belajar. ‘Teaching is the guidance of learning activities’.” Pandangan atau pengertian mengajar tersebut pada hakikatnya adalah memberi tekanan kepada optimalnya kegiatan belajar siswa. Dengan perkataan lain, mengajar tidak semata-mata berorientasi kepada hasil (by produc), tetapi juga berorientasi kepada proses (by process) dengan harapan, makin tinggi proses makin tinggi pula hasil yang dicapai.
Dalam perumusan masalah ini langkah singkron dan konsisten dengan butir-butir pembatasan masalah yang kemudian dikemukakan dalam bentuk pertanyaan yaitu:(1) Bagaimana strategi mengajar guru mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Falahiyah Sidodadi Sukosewu Bojonegoro? (2) Bagaimana prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Falahiyah Sidodadi Sukosewu Bojonegoro?(3) Apakah ada pengaruh antara hubungan strategi mengajar guru dalam prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Falahiyah Sidodadi Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro?
Dari hasil pengamatan penulis melalui teknik angket (1) Strategi mengajar guru Madrasah Ibtidaiyah Falahiya, tergolong cukup baik. Hal ini terbukti dari persentase 73%. Mereka lebih dominan memilih jawaban “A” yang mempunyai skor 4 paling banyak dari ketiga pilihan jawaban lainnya. Pilihan jawaban tersebut mengandung jawaban yang lebih baik/positif dibandingkan yang lainnya. (2) Dari teknik angket, bisa disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Falahiya tergolong cukup baik. Hal ini terbukti dari persentase 78%. Mereka lebih dominan memilih jawaban “A” yang mempunyai skor 4 paling banyak dari ketiga pilihan jawaban lainnya. (3)Berdasarkan nilai yang diperoleh, yakni 0,691 kemudian dikorelasikan dengan interpretasi nilai “r” koefisien korelasi product moment, maka pengaruh strategi mengajar guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Falahiya Sidodadi Sukosewu Bojonegoro tergolong kuat. Dimana menurut tabel interpretasi nilai “r” antara 0,60 – 0,799 adalah kuat. Jadi, semakin baik strategi mengajar seorang guru dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak para siswa-siswinya, semakin baik pula pr
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi mengajar guru, Prestasi Belajar Aqidah Akhlak |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 08:17 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 08:17 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Huda, Agus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/350 |