PENGARUH METODE ACTIVE DEBATE TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYYAH AL-HUDA NGREJENG PURWOSARI BOJONEGORO

AFIFAH, NURUL (2014) PENGARUH METODE ACTIVE DEBATE TERHADAP PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYYAH AL-HUDA NGREJENG PURWOSARI BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER DAN ABSTRAK.pdf] Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Jika pendidik menginginkan agar tujuan pendidikan tercapai secara efektif dan efisien, maka penguasaan materi saja tidaklah cukup. Ia harus menguasai berbagai teknik atau metode penyampaian yang tepat dalam proses belajar mengajar.Stimulus dari guru amat penting, pilihan metode pembelajaran yang tepat menentukan pada proses pembelajaran. Salah satu metode yang relevan diterapkan dalam Fiqih adalah metode Active Debate atau Debat Aktif. Dengan rumusan masalah sebagai berikut; 1) Bagaimana metode Active Debate diajarkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro?, 2) Bagaimana pembelajaran fiqih siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro?, 3) Adakah pengaruh Metode Pembelajaran Active Debate terhadap pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; 1) Mendeskripsikan bagaimana metode Active Debate dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. 2) Untuk mengetahui pembelajaran fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. 3)Untuk mengetahui sejauh mana Metode Active Debate memberikan pengaruh terhadap pembelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Al Huda Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi; 4) kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode Debate Active memiliki pengaruh yang baik terhadap pembelajaran fiqih siswa di MTs Al-Huda Ngrejeng Purwosari. Hal ini terbukti dari pengisian angket metode Debate Active yang dihasilkan dari 50 responden dengan nilai rata-rata (81) pada kategori sangat baik, dan nilai rata-rata raport pembelajaran fiqih di MTs Al-Huda Ngrejeng Purwosari (82,5) juga tergolong baik. Dan untuk mengetahui pengaruh metode Debate Active terhadap pembelajaran fiqih siswa di MTs Al-Huda Ngrejeng Purwosari dalam penelitian ini, digunakan metode analisis statistik Product Moment. Dan hasil dari rumusan Product Moment dapat diketahui bahwa nilai r sebesar 0,651.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Debate Active, Pembelajaran Fiqih Siswa
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 04 Jun 2021 02:26
Last Modified: 26 Oct 2021 22:03
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Minarti, Sri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item
View Item