PERAN AKAL DALAM SURAT ALI-IMRAN AYAT 190-191 IMPLIKASI TERHADAP PENDIDIKAN AQIDAH DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUT THALIBIN TANGGIR SINGGAHAN TUBAN

Kulub, Tanwirul (2014) PERAN AKAL DALAM SURAT ALI-IMRAN AYAT 190-191 IMPLIKASI TERHADAP PENDIDIKAN AQIDAH DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUT THALIBIN TANGGIR SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)

Abstract

Dalam surat ali imran ayat 190 dan 191 dijelaskan, bahwa ulu al-bab adalah orang yang mempunyai akal, yaitu selalu berdzikir dan bertafakur kepada Allah dalam kondisi apapun. Dengan demikian, pendidikan yang baik adalah pendidkan yang harus mempertimbangkan potensi akal. Karena akal mempunyai fungsi untuk tadzakkur dan tafakkur serta mengembangkan pendidikan islam tersebut.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah 1) bagaimana peran akal yang terkandung dalam surat Ali Imran Ayat 190 dan 191; terhadap pendidikan islam di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Tanggir Singgahan Tuban ? 2) bagaimana implikasi akal dalam surat Ali Imran Ayat 190 dan 191 terhadap pendidikan islam di pondok pesantren yang sama. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui peran akal yang terkandung dalam surat Ali Imran ayat 190-191. 2) mengetahui Implikasi akal dalam surat Ali Imran ayat 190-191 terhadap Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Tanggir Singgahan Tuban.
Penulis menggunakan metode interpretatif, yakni metode yang berperan untuk mencari kandungan surat Ali Imran Ayat 190 dan 191 tentang peran akal dalam pendidikan islam. Metode tahlili, yakni metode tafsir yang berusaha menguraikn al-Qur’an secara detail.
Manusia sebagai pelaku dan sasaran pendidikan memiliki alat yang dapat digunakan untuk mencapai kebaikan dan kebenaran, yakni akal. Dalam konteks ini, pendidik harus berupaya mengarahkan manusia agar memiliki ketrampilan untuk dapat mempermudah akal yang dapat membawa kepada kebaikan dan kehidupan yang sukses.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran akal manusia adalah sebagai pelaksana apa yang diingat dan dipikirkan atau direncanakan manusia. Setelah penelitian dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa peran akal dalam surat Ali Imran ayat 190-191 sangatlah penting untuk kehidupan manusia. karena melihat banyak aliran yang mengartikan aqidah dengan kehendak dirinya. Disamping itu pendidikan aqidah harus mengungkap secara jelas dan perinci arti dari peran akal surat Ali imran ayat 190-191.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Akal surat Ali Imran ayat 190 dan 191, Pendidikan Aqidah
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 Dec 2021 07:59
Last Modified: 12 Dec 2021 07:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Huda, Agus
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/348

Actions (login required)

View Item
View Item