Kulub, Tanwirul (2014) PERAN AKAL DALAM SURAT ALI-IMRAN AYAT 190-191 IMPLIKASI TERHADAP PENDIDIKAN AQIDAH DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUT THALIBIN TANGGIR SINGGAHAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (103kB)
AWALAN.pdf
Download (332kB)
BAB I.pdf
Download (286kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (480kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (125kB)
Abstract
Dalam surat ali imran ayat 190 dan 191 dijelaskan, bahwa ulu al-bab adalah orang yang mempunyai akal, yaitu selalu berdzikir dan bertafakur kepada Allah dalam kondisi apapun. Dengan demikian, pendidikan yang baik adalah pendidkan yang harus mempertimbangkan potensi akal. Karena akal mempunyai fungsi untuk tadzakkur dan tafakkur serta mengembangkan pendidikan islam tersebut.
Berpijak dari uraian di atas permasalahan penelitian ini adalah 1) bagaimana peran akal yang terkandung dalam surat Ali Imran Ayat 190 dan 191; terhadap pendidikan islam di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Tanggir Singgahan Tuban ? 2) bagaimana implikasi akal dalam surat Ali Imran Ayat 190 dan 191 terhadap pendidikan islam di pondok pesantren yang sama. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui peran akal yang terkandung dalam surat Ali Imran ayat 190-191. 2) mengetahui Implikasi akal dalam surat Ali Imran ayat 190-191 terhadap Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Tanggir Singgahan Tuban.
Penulis menggunakan metode interpretatif, yakni metode yang berperan untuk mencari kandungan surat Ali Imran Ayat 190 dan 191 tentang peran akal dalam pendidikan islam. Metode tahlili, yakni metode tafsir yang berusaha menguraikn al-Qur’an secara detail.
Manusia sebagai pelaku dan sasaran pendidikan memiliki alat yang dapat digunakan untuk mencapai kebaikan dan kebenaran, yakni akal. Dalam konteks ini, pendidik harus berupaya mengarahkan manusia agar memiliki ketrampilan untuk dapat mempermudah akal yang dapat membawa kepada kebaikan dan kehidupan yang sukses.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran akal manusia adalah sebagai pelaksana apa yang diingat dan dipikirkan atau direncanakan manusia. Setelah penelitian dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa peran akal dalam surat Ali Imran ayat 190-191 sangatlah penting untuk kehidupan manusia. karena melihat banyak aliran yang mengartikan aqidah dengan kehendak dirinya. Disamping itu pendidikan aqidah harus mengungkap secara jelas dan perinci arti dari peran akal surat Ali imran ayat 190-191.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akal surat Ali Imran ayat 190 dan 191, Pendidikan Aqidah |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 07:59 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 07:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Huda, Agus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/348 |