EVALUASI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI TINGKAT KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5

DARMIATI, DARMIATI (2023) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI TINGKAT KECAMATAN PLUMPANG KABUPATEN TUBAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (786kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy

Abstract

(Darmiati, 2023). Evaluasi Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Tingkat Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban Menggunakan Algoritma C4.5. Skripsi, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Pembimbing I M. Jauhar Vikri, M.Kom dan Pembimbing II Roihatur Rohmah. M.SI. Latar belakang dari penelitian ini adalah terdapat berbagai unsur penilaian dalam pelayanan yang membuat Kantor Kecamatan Plumpang kesulitan dalam menentukan tingkat kepuasan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem untuk mengklasifikasi dan mengetahui unsur penilaian yang mempengarhi kepuasan pelayanan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan algoritma C4.5 dalam menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Kantor Kecamatan Plumpang ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner terhadap 100 responden. Penelitian mengidentifikasi 10 unsur penilaian yang mempengaruhi kepuasan termasuk persyaratan, prosedur, kecepatan pelayanan, tarif, keadilan dan sikap petugas, jadwal, sarana prasarana, keamanan, dan tanggung jawab petugas. Metode knowledge discovery in database (KDD) digunakan untuk mengevaluasi akurasi data. Hasil dari pengujian algoritma C4.5 melalui teknik data mining yaitu confusion matrix dengan split data 90:10 maka didapatkan performance akurasi sebesar 98.89%, presisi 98.51%, dan recall 100% pada data training, sedangkan pada data testing didapat akurasi sebesar 90%, presisi 88.889%, recall 100%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pola atau aturan yang dapat digunakan untuk memprediksi tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan publik di Kantor Kecamatan Plumpang serta sebagai panduan untuk meningkatkan pelayanan berdasarkan temuan yang diidentifikasi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Algoritma C4.5, Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik, Kantor Kecamatan Plumpang, Confusion matrix
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Darmiati Miaa
Date Deposited: 10 Sep 2023 21:26
Last Modified: 10 Sep 2023 21:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
VIKRI, MUHAMMAD JAUHAR
0712078803
Thesis advisor
ROHMAH, ROIHATUR
0726039401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3479

Actions (login required)

View Item
View Item