ULVIATIN, RINDA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR WALLCHART BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH MATERI HAID KELAS IV SDI DARUSSALAM DUNGMAS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (370kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (545kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (684kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (536kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (346kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (413kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran di kelas IV pada mata pelajaran Fiqih materi Haid pada dasarnya menggunakan buku cetak sebagai bahan ajar. Penggunaan buku cetak dianggap sudah umum digunakan dan proses pembelajaran dapat dikatakan masih monoton sehingga siswa saat pembelajaran masih merasa jenuh dan bosan. Kebutuhan akan pengembangan bahan ajar sangat diperlukan karena sesuai penemuan di lapangan pembelajaran masih mengarah pada buku-buku siswa (LKS) sehingga peneliti mencoba untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan bahan ajar Wallchart berbasis QR Code. Pengembangan bahan ajar Wallchart berbasis QR Code adalah bahan ajar cetak berupa bagan dinding yang dikombinasikan dengan QR Code. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar Wallchart berbasis QR Code di kelas IV SDI Darussalam Dungmas,serta untuk mengetahui hasil bahan ajar yang dikembangkan yaitu bahan ajar yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE Model pengembangan ini dikembangkan oleh Dick and Camry Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu (Analisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan angket. Sedangkan untuk analisisdata menggunakan analisis data hasil wawancara dan observasi, analisis hasil angket validasi dan angket respon siswa, analisis intrumen tes dan analisis hasil uji efektifitas. Hasil dari penelitian kualitas pengembangan bahan ajar Wallchart berbasis QR Code sangat layak digunakan dengan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase 90% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil validasi ahli materi 90% mendapatkan persentase dengan kriteria “sangat layak” dan hasil validasi ahli bahasa mendapatkan persentase 93% dengan kategori “sangat layak”. Di lihat dari hasil angket respon siswa mendapatkan persentase 89% dengan kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Wallchart berbasis QR Code layak dan efisien jika digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wallchart, QR Code, Fiqih |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rinda Ulviatin |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 09:15 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 09:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rofi'ah, Firda Zakiyatur NIDN2106089303 Thesis advisor Fithriyah, Dewi Niswatul NIDN0721089502 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3456 |