KOHERENSI BAHAN AJAR BERBASIS QR CODE DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII SMP PLUS MAULANA MALIK IBRAHIM NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO

Rohmatin, Farikha Alfi (2023) KOHERENSI BAHAN AJAR BERBASIS QR CODE DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI KELAS VII SMP PLUS MAULANA MALIK IBRAHIM NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah wadah untuk menciptakan manusia yang berkualitas. Proses pengembangan kemampuan manusia dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik hendaknya berjalan dengan seimbang. Namun, pada kenyataannya pendidikan di Indonesia masih jauh dari kata seimbang. Gaya pendidikan dan pembelajaran yang monoton dan kurang menarik. Pendidikan saat ini dituntut untuk menghasilkan individu yang mampu bersaing diera abad 21. Tujuannya adalah untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dari hasil kualitas pembelajaran yang terus diperbaiki. Dengan demikian, di perlukan bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan zaman yang berintegrasi dengan revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu pengembangan bahan ajar yang dapat sejalan dengan perkembangan industri 4.0 adalah bahan ajar tidak hanya tersaji dalam bentuk teks, tetapi juga dengan berintegrasi menggunakan QR code. QR code adalah image dua dimensi yang mempresentasikan suatu data, terutama data berbentuk teks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan bahan ajar berbasis QR Code, mengetahui koherensi bahan ajar berbasis QR Code dengan materi akidah akhlak dan mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan ajar berbasis QR Code.
Metode penelitian yang di gunakan dalam Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang mengacu pada penelitian lapangan (field research), yang pengumpulan datanya langsung diambil dari lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Maulana Malik Ibrahim dengan populasi kelas VII materi akidah akhlak dengan jumlah 33 siswa. Data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian di analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penggunaan bahan ajar berbasis QR Code dilakukan dengan menggunakan proyektor, materi yang sudah di scann di tampilkan pada proyektor sehingga siswa bisa melihat dan memahaminya, Koherensi antara buku paket QR Code dengan hasil scann QR Code sangat sesuai dengan materi yang ada di buku paket,Peningkatan pengetahuan siswa kelas eksperimen lebih besar atau lebih cepat, Penggunaan bahan ajar berbasis QR Code memberikan kontribusi positif dan lebih efektif dari pada yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis QR Code daripada peningkatan pengetahuan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: koherensi, QR Code, akidah akhlak
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farikha Alfi Rohmatin
Date Deposited: 10 Sep 2023 12:26
Last Modified: 10 Sep 2023 12:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
NIDN2122037701
Thesis advisor
Anisah, Giati
NIDN2109028601
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item
View Item