PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SANTRIWATI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB AKHLAQ LIL BANAT DI PONDOK PESANTREN PUTRI MATHOLI’UL FALAH SIMO SOKO TUBAN

Ramadlan, Ainun Shoim (2023) PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SANTRIWATI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB AKHLAQ LIL BANAT DI PONDOK PESANTREN PUTRI MATHOLI’UL FALAH SIMO SOKO TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter memegang peran penting dalam membentuk kepribadian individu, khususnya pada kalangan santriwati di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren, mengidentifikasi faktor pendukung serta mengidentifikasi faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan karakter. Metode pengumpulan data melibatkan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen terkait pelaksanaan pendidikan karakter.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Putri Matholi'ul Falah telah melaksanakan pendidikan karakter melalui pembelajaran Kitab Akhlaq lil Banat. Nilai-nilai religius, bersahabat, dan mandiri diintegrasikan dalam pembelajaran sehari-hari dan kegiatan ekstra. Faktor pendukung meliputi komitmen pengasuh dan guru, Integrasi nilai-nilai karakter dalam materi kitab, serta lingkungan pesantren yang kondusif. Adapun faktor penghambat seperti tantangan dalam mengatasi perbedaan latar belakang santriwati dan kendala waktu dalam mengimplementasikan pendidikan karakter secara lebih mendalam.
Kesimpulannya, Pondok Pesantren Putri Matholi'ul Falah telah berhasil mengimplementasikan pendidikan karakter dengan mengintegrasikan nilai-nilai religius, bersahabat, dan mandiri melalui pembelajaran Kitab Akhlaq lil Banat. Faktor pendukung memainkan peran penting dalam mendukung pelaksanaan pendidikan karakter, namun tantangan seperti perbedaan latar belakang dan keterbatasan waktu masih menjadi hambatan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, Kitab Akhlaq Lil Banat
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ainun shoim ramadlan
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:25
Last Modified: 09 Sep 2023 06:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
UNSPECIFIED
MUTHI'UDDIN, AHMAD
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3410

Actions (login required)

View Item
View Item