MAWARDI, MAWARDI (2014) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAQ PADA SISWA MI MIFTAHUL HUDA DESA JATISARI KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (151kB)
ABSTRAK.pdf
Download (89kB)
AWALAN.pdf
Download (238kB)
BAB I.pdf
Download (186kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (225kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (395kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (148kB) | Request a copy
Daftar Pustaka.pdf
Download (118kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Huda Jatisari Senori Tuban. Karena keterbatasan waktu maka peneliti hanya mengambil data yang diperlukan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keteladanan guru di MI Miftahul Huda Jatisari, untuk mengetahui prestasi belajar siswa bidang studi Aqidah Akhlaq di MI Miftahul Huda Jatisari, serta untuk mengetahui pengaruh Keteladanan Guru terhadap peningkatan hasil belajar di MI Miftahul Huda Jatisari Senori Tuban tahun pelajaran 2013/2014.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket untuk mengumpulkan data. Dan untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis korelasi product moment.
Guru dan siswa merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dalam proses belajar mengajar, bagaimanapun juga keduanya akan saling terkait baik dari sisi keteladanan dan hasil belajar, guru yang memiliki keteladanan sehat atau baik tentunya akan membawa dampak positif bagi prestasi belajar siswa begitu pula sebaliknya. Salah satu faktor sosial yang mempengaruhi belajar adalah guru dan cara mengajarnya.
Keteladanan guru merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi gaya mengajar guru, sehingga keteladanan guru menjadi salah satu aspek penting dalam menentukan berhasil tidaknya proses belajar mengajar itu sendiri dalam proses pengajaran dalam menentukan keberhasilan belajar dalam bingkai keteladanan yang sempurna.
Skor hasil analisis yang penulis dapatkan adalah 0,742. yang mana r kerja (ro) lebih besar dari r tabel (rt). Tabel interpretasi nilai r product moment menyatakan bahwa nilai r pada rentang 0,600 – 0,800 adalah cukup kuat. Hal ini berarti pengaruh Keteladanan Guru terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Aqidah Akhlaq di MI Miftahul Huda Jatisari Senori Tuban adalah cukup kuat. Dengan demikian, keteladanan guru dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Aqidah Akhlaq
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keteladanan Guru, Hasil/Prestasi Belajar. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 05:09 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 05:09 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Affandi, Chafidz UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/339 |