HARIYANTI, SISKA DWI (2023) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART AND MATHEMATICS) PADA KELOMPOK A DI RA FALAKHIYAH DESA RENDENG KECAMATAN MALO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SUNAN GIRI.
COVER.pdf
Download (42kB)
AWALAN.pdf
Download (732kB)
BAB I.pdf
Download (514kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (696kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (288kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (349kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Salah satu model pembelajaran abad 21 yang terkait dengan pengembangan soft skills adalah model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics), dengan pendekatan STEAM merupakan pembelajaran kontekstual, dimana peserta didik akan diajak memahami fenomena-fenomena yang terjadi yang dekat dengan dirinya. Pendekatan STEAM mendorong peserta didik untuk belajar mengeksplorasi semua kemampuan yang dimilikinya, dengan cara masing-masing. STEAM juga akan memunculkan karya yang berbeda dan tidak terduga dari setiap individu atau kelompoknya. Selain itu kolaborasi, kerjasama dan komunikasi akan muncul dalam proses pembelajaran karena pendekatan ini dilakukan secara berkelompok. Pengelompokan peserta didik dalam STEAM menuntut tanggung jawab secara personal atau interpersonal terhadap pembelajaran yang terjadi, proses ini akan membangun pemahaman peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian adalah kreativitas anak Kelompok A RA Falakhiyah Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro kurang sebelum siklus, kemudian cukup pada siklus I dan baik pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa kreativitas sebelum siklus sampai dengan siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Pelaksanaan model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) pada awalnya adalah sulit. Setelah dilakukan bimbingan secara komprehensif akhirnya pada siklus kedua pelaksanaannya dapat dilakukan secara baik dan lancar. Berdasarkan hasil kreativitas anak Kelompok A RA Falakhiyah Desa Rendeng Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro melalui melalui STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) mulai sebelum menggunakan siklus sampai dengan siklus I dan siklus II terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan nilai rata-rata hasil kreativitas pra siklus adalah sebesar 2,69 kemudian pada siklus I menjadi 2,85 selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II adalah sebesar 3,23. Sehingga terdapat peningkatan nilai kreativitas sebesar 1,6 dan 0,38. Ternyata hasil evaluasi menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan. Dengan demikian proses perbaikan pembelajaran yang dilakukan peneliti dapat terlaksana sesuai dengan tujuan perbaikan, sehingga hasil kreativitas dapat meningkat melalui penerapan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics).
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, STEAM |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | SISKA DWI HARIYANTI |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:17 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:17 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED UTSMAN, AHMAD FARID NIDN2113049001 UNSPECIFIED ULFA, ULFA NIDN2121067401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3376 |