PENGARUH SHORT VIDEO PADA MEDIA SOSIAL TIK-TOK TERHADAP PERILAKU BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK SIDOREJO SUKOSEWU BOJONEGORO

Magfiroh, Siti (2023) PENGARUH SHORT VIDEO PADA MEDIA SOSIAL TIK-TOK TERHADAP PERILAKU BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK SIDOREJO SUKOSEWU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (667kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan perkembangan sistem pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun semakin pesat. Perkembangan ini dipengaruhi globalisasi kemajuan IPTEK. Apalagi pada tahun kemarin, pembelajaran yang dilakukan secara daring sehingga anak sekolah juga belajar menggunakan handphone. Namun penggunaan handphone ini tidak hanya digunakan sebagai kegiatan pembelajaran bagi anak sekolah apalagi untuk anak usia dini. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan bagi masa depan anak, selain digunakan sebagai sarana hiburan tetapi banyak sekali unggahan-unggahan yang merusak moral dan perilaku anak-anak dikarenakan aplikasi Tik tok tidak menyeleksi video-video yang akan diunggah. Hal ini juga terjadi pada anak-anak di TK PKK Sidorejo Sukosewu Bojonegoro yang mana lebih memilih bermain menggunakan handphone daripada bermain bersama teman-teman. Tik tok sebagai daya candu bagi penggunanya, oleh karena itu peneliti ingin melihat dampak media tik tok terhadap perilaku belajar anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan statistik non parametrik dengan jumlah sampel 22 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas untuk mengetahui nilai kenormalan data yang diteliti, dan uji hipotesis menggunakan uji linieritas yaitu untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: dengan uji linieritas dengan membandingkan hasil nilai sig yang di dapat dalam penelitian sebesar 0,923 > 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Short Video Pada Media Sosial Tik-Tok Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pkk Sidorejo Sukosewu Bojonegoro. Dari hasil observasi guru, anak susah untuk di panggil ketika di pangil anak kurang merespon. Seringnya anak menggunakan tiktok dalam kehidupannya sehari-hari membuat anak lebih sering berinteraksi dengan hp/gadget saja membuat anak kurang berinteraksi dengan lingkungan sekitar seperti teman atau orang lain. Perlunya pengawasan dan bimbingan dari orang tua saat anak menggunakan media sosial tiktok, karena banyaknya konten-konten yang kurang mendidik untuk anak usia dini di dalam tiktok tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Short Video, Media Sosial Tik-Tok, Perilaku Belajar Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Siti Maghfiroh
Date Deposited: 09 Sep 2023 02:01
Last Modified: 09 Sep 2023 02:01
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fikri, M.Tsaqibul
NIDN2108089201
Thesis advisor
Puspitasari, Endang
NIDN0720079302
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item
View Item