AROFATIN, NUR IDA (2023) IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY DALAM PEMBIASAAN ARABIC MORNING DI YPSM AL-MUTTAQIIN NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (85kB)
AWALAN.pdf
Download (439kB)
BAB I.pdf
Download (195kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (393kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (172kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (173kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (437kB) | Request a copy
Abstract
Arabic Morning berasal dari Bahasa inggris yang terdiri dari dua kata yaitu “Arabic” artinya arab dan “Morning” artinya pagi. Sedangkan menurut istilah Arabic Morning merupakan proses belajar Bahasa arab setiap pagi. Arabic Morning di YPSM Al-Muttaqiin dilakukan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat ketrampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Karena Bahasa arab selalu dipandang sebagai pelajaran yang sangat sulit, sehingga kurang diminati oleh banyak siswa, sehingga siswa selalu mengantuk dan merasa bosan. Hal itu terjadi karena penggunaan metode yang kurang tepat. Berpijak dari uraian diatas penulis mengangkat tema "implementasi metode Discovery dalam pembiasaan Arabic Morning di YPSM Al- Muttaqiin Ngasem Bojonegoro", dengan adanya permasalahan ini (1). Bagaimana konsep metode Discovery dalam pembiasaan Arabic Morning di YPSM Al-Muttaqiin Ngasem Bojonegoro ? (2). Bagaimana implementasi metode Discovery itu ? (3). Bagaimana metode Discovery dapat meningkatkan studi Arabic Morning di YPSM Al-Muttaqiin Ngasem Bojonegoro? sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Arab, baik lisan maupun tulisan. (2) Mengetahui pelaksanaan Arabic Morning di YPSM Al-Muttaqiin Ngasem Bojonegoro.(3) Mengetahui pengaruh metode Discovery terhadap pelajaran Arabic Morning di YPSM Al-Muttaqiin Ngasem Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Konsep metode Discovery dalam pembiasaan Arabic Morning berjalan sesuai yang diharapkan. (2) Implementasi metode Discovery dalam pembiasaan Arabic Morning telah berhasil mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa arab. (3) Evaluasi metode Discovery dalam pembiasaan Arabic Morning telah terbukti meningkatkan studi Arabic Morning di lembaga YPSM Al-Muttaqiin Ngasem Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arabic Morning, Metode Discovery. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | NUR IDA AROFATIN |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:43 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Sholahuddin, Agus Moh NIDN0710089104 Thesis advisor Alaika, Abdi Muhammad NIDN07019010301 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3370 |