PENGEMBANGAN E-HANDOUT BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD/MI

Azizah, Ridha Nur (2023) PENGEMBANGAN E-HANDOUT BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD/MI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan ini dilatar belakangi oleh minimnya pengetahuan anak pada kearifan lokal yang ada di daerahnya sendiri, selain mengenalkan kearifan lokal daerah pengembangan ini juga bertujuan sebagai untuk mengetahui perkembangan bahan ajar materi IPAS kelas IV di SD Islam Al-Hikmah Sugihwaras. Serta untuk mengetahui validasi kelayakan dari bahan ajar yang telah dikembangakan pada materi Cerita tentang daerah ku kelas IV.
Peneliti menggunakan metode penelitian R&D (research and development). Penelitian jenis ini mengacu pada penelitian pengembangan. Penelitian ini nantinya akan menghasilkan jenis produk tertentu yang kemudian nantinya akan diuji kemenarikan media yang telah dibuat. Produk yang telah dihasilkan diharapkan mampu memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang membutuhkan secara luas. Metode ini terdiri dari lima tahap, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation.Bahan ajar yang dikembangkan adalah E-Handout berbasisi kearifan lokal untuk mata pelajaran IPAS kelas IV. Media tersebut dapat digunakan baik dalam pembelajaran secara daring maupun tatap muka.
Bahan ajar E-Handout berbasisi kearifan lokal pada materi Keberagaman Budaya Indonesia telah melalui tahap uji validitas dari 3 ahli. Uji validitaa bahan ajar mendapatkan presentase 92,5% dan dinyatakan sangat layak digunakan. Selanjutnya adalah uji validitas dari ahli bahasa, pada uji validitas ini bahan ajar E-Handout mendapat presentase sebesar 97,5% dan dinyatakan sangat layak digunakan. Kemudian uji validitas dari ahli materi yang mendapatkan presentase sebesar 100% dan dinyatakan sangat layak digunakan Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar E-Handout yang telah dikembangkan oleh peneliti sangat menarik dan dapat membantu peserta didik dalam mengenalkan kearifan lokal daerah mereka, yakni daerah Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Elektronik, E-Handout berbasis kearifan lokal, Materi Cerita Tentang Daerahku IPAS kelas IV SD/MI
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ridha Nur Azizah
Date Deposited: 09 Sep 2023 09:04
Last Modified: 09 Sep 2023 09:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
Rofi'ah, Firda Zakiyatur
NIDN2106089303
UNSPECIFIED
Fithriyah, Dewi Niswatul
NIDN0721089502
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item
View Item