Khozin, M. Nur (2014) Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Aqidah–Akhlaq Siswa Kelas VIII MTs. Sarjana (S1) thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (115kB)
AWALAN.pdf
Download (352kB)
BAB I.pdf
Download (286kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (269kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB) | Request a copy
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB) | Request a copy
Abstract
Proses belajar setiap individu tidak dapat selalu berlangsung secara wajar, kadang individu belajar secara lancar, kadang tidak. Di sekolah, setiap siswa pada prinsipnya tentu berhak memperoleh peluang untuk mencapai prestasi akademik yang memuaskan. Namun adakalanya siswa dapat belajar begitu semangat dan antusias, adakalanya terdapat siswa yang malas, tidak menyenangkan, suka membolos, dan sebagainya. Semua itu tidak terlepas dari pemberian motivasi belajar oleh guru terhadap siswanya yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan atau prestasi belajar siswa.
Berdasarkan paparan di atas, permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana motivasi belajar siswa kelas VIII MTs. Al-falah Bangilan Tuban, (2) bagaimana prestasi belajar Aqidah-Akhlaq siswa di MTs. Al-falah Bangilan Tuban, dan (3) adakah korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Aqidah- Akhlaq siswa kelas VIII MTs. Al-falah Bangilan Tuban. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar aqidah-akhlaq siswa kelas VIII MTs. Al-falah Bangilan Tuban.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan uji analisis statistik korelasional Product Moment, dari sampel sebanyak 36 siswa kelas VIII MTs. Al-falah Bangilan Tuban. Sedangkan variabel terdiri dari satu variabel bebas, yaitu motivasi belajar dan satu variabel terikat, yaitu prestasi belajar. Adapun data motivasi belajar diperoleh dari penyebaran angket dengan bentuk tertutup. Sedangkan data prestasi belajar Aqidah-akhlaq diperoleh dari rata-rata rapor semester genap.
Diperoleh kesimpulan bahwa ada korelasi antara motivasi belajar dengan prestasi belajar Aqidah-Akhlaq siswa kelas VIII MTs. Al-falah Bangilan Tuban. Hal ini dapat dibuktikan dengan diperolehnya hasil perhitungan lebih besar dari taraf signifikansi 1% untuk N sebanyak 36 orang, yakni 0,906 > 0,424, maupun taraf signifikasi 5% untu N sebanyak 36 orang, yakni 0,906 > 0,329.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Aqidah – Akhlaq Siswa. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 Dec 2021 02:31 |
Last Modified: | 12 Dec 2021 02:31 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Azizah, Imroatul UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/335 |