Akhwan, Uston Syariful (2023) IMPLEMENTASI METODE TAHSIN BIN-NADHAR DAN TAHFIDZ BIL-GHOIB UNTUK MEMPERKUAT HAFALAN AL-QUR’AN SISWA MTS SAINS QUR’AN AR-RIDWAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (646kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (885kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (956kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (653kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (893kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (526kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (632kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Al-Qur’an merupakan sumber cahaya, pedoman dan pemberi kabar gembira serta pemberi peringatan bagi setiap umat Islam yang ingkar terhadap perintah Allah. Apabila diamalkan sehari-hari dengan membaca, mentadaburkan, mengkaji, memelajari, dan mengamalkannya akan mendapatkan banyak manfaat, kebaikan serta kemuliaan Al-Qur’an. Al-Qur’an sebagai kitab memiliki ayat-ayat yang indah dan dimuliakan oleh Allah. Jika seorang muslim membacanya, niscaya akan bertambah keimanan dan penuh semangat. Al- Qur’an merupakan kitab suci umat Islam berupa firman Allah SWT yang di turunkan dengan perantara Malaikat Jibril kepada Rasulullah Muhammad Saw.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode Tahsin bin-nadhar dan takhfidz bil-ghoib untuk memperkuat hafalan siswa MTs Sains Qur’an Ar-Ridwan Sukorejo Bojonegoro, serta Faktor pendukung dan penghambat dalam mendeskripsikan implementasi metode Tahsin bin-nadhar dan takhfidz bil-ghoib untuk memperkuat hafalan siswa MTs Sains Qur’an Ar-Ridwan Sukorejo Bojonegoro, dan untuk mengetahui hasil dalam mendeskripksikan implementasi metode Tahsin bin-nadhar dan takhfidz bil-ghoib untuk memperkuat hafalan siswa MTs Sains Qur’an Ar-Ridwan Sukorejo Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.
Penerapan metode tahsin Bin-Nadhar dan tahfidz Bil-Ghoib di MTs sains qur'qn Ar-Ridwan merupakan 2 metode yang saling menunjang terhadap peningkatan dan penguatan hafalan santri, metode tahsin Bin-Nadhar merupakan langkah awal sebelum santri menghafalkan Al-Qur’an, metode ini menitik beratkan pada tahsinul qiro’ah(perbaikan bacaan), pembinaan tajwid dan penyeragaman standar bacaan yang telah ditetapkan oleh MTs Sains Qur'an Ar-Ridwan. Metode tahsin Bin-Nadhar dalam implementasinya setiap santri harus membaca mushaf Al-Qur’an,mushaf Al-Qur’an yang disimak oleh guru tahfidz merupakan syarat mutlak untuk melanjutkan pada metode selanjutnya yaitu metode tahfidz Bil-Ghoib. Padametode tahfidz Bil-Ghoib para santri akan fokus menghafal Al-Qur’an secara Bil-Ghoib(Tanpa melihat Al-Qur’an) dengan bimbingan dari guru tahfidz.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Tahsin, Tahfidz |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Uston Syariful Akhwan |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 07:48 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 07:48 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma’arif, M. Jauharul NIDN2128097201 Thesis advisor Burhanuddin, Hamam NIDN2119028601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3346 |