EFEKTIVITAS METODE HERBART DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI NGASEM BOJONEGORO

FIRDAUS, AULIYA IRYANI (2023) EFEKTIVITAS METODE HERBART DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (765kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang dapat memberi kesempatan siswa untuk mendorong siswa agar lebih berpikir kritis dan rasional. Selain itu dengan penerapan metode Herbart guru dapat memotivasi siswa dan mengetahui sejauh mana pemahaman siswa, karena dalam penerapannya guru menghubungkan pengetahuan yang telah diketahui atau dikuasai dengan mata pelajaran yang akan diberikan atau dipelajari. Penelitian ini untuk mengetahui Efektif atau tidak penggunaan metode Herbart dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri Ngasem Bojonegoro. Serta bagaimana peranan penerapan metode Herbart dalam pemahaman siswa bidang studi pendidikan agama Islam di sekolah tersebut. Bentuk penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan proses pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, angket, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui rumusan masalah pertama dan kedua digunakan rumus presentase, dan untuk mengetahui rumusan masalah ketiga yaitu efektif tidaknya penggunaan metode Herbart dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah hasilnya diperoleh, maka jumlahnya diinterpretasikan pada tabel interpretasi product moment. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penggunaan Metode Herbart dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam cukup efektif. Hal ini terbukti dari perhitungan sebesar 0,51021961 setelah hasil tersebut diperoleh maka hasilnya. Di interpretasikan dengan tabel interpretasi rentang 0,41-0,70 dengan indeks korelasi yang cukup atau sedang. Di sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Herbart dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam cukup efektif. Sebagai saran hendaknya seorang guru itu menggali dulu pengalaman dan kemampuan yang di miliki siswa melalui tes lisan atau tertulis sebelum menyampaikan materi berikutnya. Dan beri siswa kesempatan berpikir kritis dengan cara membandingkan dan mencari persamaan apa yang dipelajari sekarang dengan kemampuan yang telah dimiliki.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode Herbart, Pemahaman Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Auliya Auliya Iryani Firdaus
Date Deposited: 09 Sep 2023 01:46
Last Modified: 09 Sep 2023 01:46
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ANWAR, SAEFUL
NIDN2115118902
Thesis advisor
SHOLAHUDDIN, AGUS MOH
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item
View Item