FIRDAUS, AULIYA IRYANI (2023) EFEKTIVITAS METODE HERBART DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (196kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (765kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (504kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (703kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (410kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (342kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Salah satu metode pembelajaran yang dapat memberi kesempatan siswa untuk mendorong siswa agar lebih berpikir kritis dan rasional. Selain itu dengan penerapan metode Herbart guru dapat memotivasi siswa dan mengetahui sejauh mana pemahaman siswa, karena dalam penerapannya guru menghubungkan pengetahuan yang telah diketahui atau dikuasai dengan mata pelajaran yang akan diberikan atau dipelajari. Penelitian ini untuk mengetahui Efektif atau tidak penggunaan metode Herbart dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri Ngasem Bojonegoro. Serta bagaimana peranan penerapan metode Herbart dalam pemahaman siswa bidang studi pendidikan agama Islam di sekolah tersebut. Bentuk penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan proses pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, angket, dokumentasi dan tes. Untuk mengetahui rumusan masalah pertama dan kedua digunakan rumus presentase, dan untuk mengetahui rumusan masalah ketiga yaitu efektif tidaknya penggunaan metode Herbart dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah hasilnya diperoleh, maka jumlahnya diinterpretasikan pada tabel interpretasi product moment. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penggunaan Metode Herbart dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam cukup efektif. Hal ini terbukti dari perhitungan sebesar 0,51021961 setelah hasil tersebut diperoleh maka hasilnya. Di interpretasikan dengan tabel interpretasi rentang 0,41-0,70 dengan indeks korelasi yang cukup atau sedang. Di sini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Herbart dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Agama Islam cukup efektif. Sebagai saran hendaknya seorang guru itu menggali dulu pengalaman dan kemampuan yang di miliki siswa melalui tes lisan atau tertulis sebelum menyampaikan materi berikutnya. Dan beri siswa kesempatan berpikir kritis dengan cara membandingkan dan mencari persamaan apa yang dipelajari sekarang dengan kemampuan yang telah dimiliki.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas, Metode Herbart, Pemahaman Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Auliya Auliya Iryani Firdaus |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 01:46 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 01:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANWAR, SAEFUL NIDN2115118902 Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3342 |