PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PERLAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI TABAYYUN DI SMP N 1 SALE REMBANG JAWA TENGAH

ROHMAH, AINUR (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK UNTUK MENGIDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PERLAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI TABAYYUN DI SMP N 1 SALE REMBANG JAWA TENGAH. Sarjana (S1) thesis, universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah instrumen tes diagnostik untuk mengidentifikasi pemahaman siswa yang berbentuk soal uraian dua. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model ADDIE dimana tahap penelitian meliputi analisis, design, development, implementation, dan evaluation.
Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba lapangan. Validiasi oleh ahli asesmen dan ahli materi tabayyun. Uji coba lapangan dilakukan untuk mendapatkan data dari guru dan siswa mengenai kepraktisan dan kemenarikan, dan reliabilitas. Analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Hasil validasi Ahli materi menilai sangat layak dengan presentase sebesar (89,7 %), hasil validasi ahli asesmen menilai sangat layak dengan presentase (87,3%), hasil uji kepraktisan oleh guru menilai sangat praktis dengan presentase (95,3%) dan hasil uji reliabilitas dari penilaian dari korelasi antara penilaian dua guru pendidikian agama islam yang berbeda memperoleh hasil (95,9%). Merujuk pada hasil analisis data disimpulkan bahwa produk instrumen asesmen yang dihasilkan layak dan siap untuk digunakan. Kelayakan itu dapat diketahui bahwa instrumen asesmen ini mampu mendiagnosis pemahaman siswa pada materi tabayyun. Dan Berdasarkan hasil tersebut maka instrumen asesmen diagnostik yang dikembangkan telah memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan, dan reliable jika digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: asesmen diagnostik, pemahaman siswa, pendidikan agama islam
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ainur rohmah
Date Deposited: 09 Sep 2023 03:30
Last Modified: 09 Sep 2023 03:30
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Giati, Anisah
NIDN2104079104
Thesis advisor
Khoiriyah, Siti
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3337

Actions (login required)

View Item
View Item