SARI, VINA FITRI AYUNDA (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJI AL- QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MTs SA ROUDLOTUT THOLIBIN DESA BALONGCABE KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (617kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (740kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (839kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (663kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (719kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (479kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (589kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan dalam konteks MTs SA Roudlotut Tholibin di Balongcabe, Kedungadem, Bojonegoro dengan tujuan untuk memahami dampak implementasi program mengaji Al-Qur'an terhadap peningkatan minat dan keterampilan membaca Al-Qur'an pada peserta didik. Keberadaan teknologi dan tantangan dalam menjaga minat membaca Al-Qur'an menjadi latar belakang penting penelitian ini. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan hambatan, penelitian ini berusaha memberikan wawasan tentang efektivitas program mengaji Al-Qur'an dalam mengatasi kendala ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi kasus di MTs SA Roudlotut Tholibin. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mendapatkan wawasan dari berbagai pemangku kepentingan seperti kepala sekolah, guru, dan siswa. Observasi dilakukan untuk memahami pelaksanaan program secara langsung, sementara dokumentasi mendukung analisis dengan informasi tertulis. Data dari ketiga metode ini dianalisis secara deskriptif untuk memahami bagaimana program mengaji Al-Qur'an diterapkan dan dampaknya terhadap minat serta kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa, (1) program mengaji AlQur'an di MTs SA Roudlotut Tholibin memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan minat dan keterampilan membaca Al-Qur'an pada peserta didik. (2) Faktor pendukung seperti lingkungan sekolah, fasilitas, dan motivasi individu siswa turut berperan dalam kesuksesan program ini. Meskipun ada tantangan, seperti kemampuan membaca Al-Qur'an yang beragam di antara siswa, upaya partisipasi guru, arahan siswa, dan dukungan orang tua telah membantu mengatasi kendala ini. Dalam keseluruhan, penelitian ini mengungkap potensi program mengaji Al-Qur'an sebagai sarana efektif dalam meningkatkan minat dan keterampilan membaca Al-Qur'an pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Mengaji, Minat dan Kemampuan Baca Al-Qur’an |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Vina Fitri Ayundasari |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 04:31 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 09:24 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Rahmawati, Ulva badi' NIDN2108088801 Thesis advisor Choiri, Moh miftakhul NIDN0704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3325 |