IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJI AL- QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MTs SA ROUDLOTUT THOLIBIN DESA BALONGCABE KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO

SARI, VINA FITRI AYUNDA (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM MENGAJI AL- QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN BACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MTs SA ROUDLOTUT THOLIBIN DESA BALONGCABE KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam konteks MTs SA Roudlotut Tholibin di Balongcabe, Kedungadem, Bojonegoro dengan tujuan untuk memahami dampak implementasi program mengaji Al-Qur'an terhadap peningkatan minat dan keterampilan membaca Al-Qur'an pada peserta didik. Keberadaan teknologi dan tantangan dalam menjaga minat membaca Al-Qur'an menjadi latar belakang penting penelitian ini. Dengan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan hambatan, penelitian ini berusaha memberikan wawasan tentang efektivitas program mengaji Al-Qur'an dalam mengatasi kendala ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada studi kasus di MTs SA Roudlotut Tholibin. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk mendapatkan wawasan dari berbagai pemangku kepentingan seperti kepala sekolah, guru, dan siswa. Observasi dilakukan untuk memahami pelaksanaan program secara langsung, sementara dokumentasi mendukung analisis dengan informasi tertulis. Data dari ketiga metode ini dianalisis secara deskriptif untuk memahami bagaimana program mengaji Al-Qur'an diterapkan dan dampaknya terhadap minat serta kemampuan membaca Al-Qur'an siswa. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa, (1) program mengaji AlQur'an di MTs SA Roudlotut Tholibin memiliki pengaruh yang positif terhadap peningkatan minat dan keterampilan membaca Al-Qur'an pada peserta didik. (2) Faktor pendukung seperti lingkungan sekolah, fasilitas, dan motivasi individu siswa turut berperan dalam kesuksesan program ini. Meskipun ada tantangan, seperti kemampuan membaca Al-Qur'an yang beragam di antara siswa, upaya partisipasi guru, arahan siswa, dan dukungan orang tua telah membantu mengatasi kendala ini. Dalam keseluruhan, penelitian ini mengungkap potensi program mengaji Al-Qur'an sebagai sarana efektif dalam meningkatkan minat dan keterampilan membaca Al-Qur'an pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Program Mengaji, Minat dan Kemampuan Baca Al-Qur’an
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vina Fitri Ayundasari
Date Deposited: 09 Sep 2023 04:31
Last Modified: 11 Sep 2023 09:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rahmawati, Ulva badi'
NIDN2108088801
Thesis advisor
Choiri, Moh miftakhul
NIDN0704019003
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3325

Actions (login required)

View Item
View Item