RAHAYU, DIYAH AJENG (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN GROUP HADRAH ASYIFA' DUSUN PLOSOLANANG DESA CAMPUREJO KECAMATAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER-1.pdf
Download (689kB)
AWALAN .pdf
Download (4MB)
bab 1 .pdf
Download (3MB)
BAB II-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB III-2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV-2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB) | Request a copy
BAB V-2.pdf
Download (566kB)
DAFTAR PUSTAKA-2.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN-LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan Islam merupakan serangkaian proses dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada anak didik melalui pertumbuhan dan pengembangan fitrahnya, baik aspek spiritual, intelektual, maupun fisiknya, guna keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam grup hadrah asyifa’ (2) Mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam grup lhadrah asyifa’ dan (3) Mengetahui sejauh mana dampak implementasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap personil grup hadrah dan masyarakat sekitar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan grup hadrah asyifa’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan verifikasi.
Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Grup Hadrah Asyifa’ Dusun Plosolanang Desa Campurejo Kecamatan Bojonegoro adalah mencakup sembilan nilai diantaranya Iman kepada Allah SWT, cinta kepada Rasulullah, kedisiplinan, kerjasama dan solidaritas, keindahan dan kesenian, serta toleransi. ke sembilan nilai tersebut diimplementapsikan dalam kehidupan sehari-hari dari tiga pokok nilai yaitu keimanan, akhlak, dan syari’ah. Adapun dampak Impelementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Grup Hadrah Asyifa’ Dusun Plosolanang Desa Campurejo akecamatan Bojonegoro terhadap masyarakat bersifat positif yaitu sebagai sarana ukhuwah islamiyah, dan terhadap personil grup hadrah juga bersifat positif yaitu menumbuhkan rasa percaya diri dan mengasah kecerdasan interpersonal.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Islam, Hadrah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Diyah Ajeng Rahayu |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 04:10 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 04:10 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED IZZA, YOGI PRANA NIDN0731127601 UNSPECIFIED ANWAR, SAEFUL NIDN2115118902 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3324 |