IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN GROUP HADRAH ASYIFA' DUSUN PLOSOLANANG DESA CAMPUREJO KECAMATAN BOJONEGORO

RAHAYU, DIYAH AJENG (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEGIATAN GROUP HADRAH ASYIFA' DUSUN PLOSOLANANG DESA CAMPUREJO KECAMATAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER-1.pdf] Text
COVER-1.pdf

Download (689kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (4MB)
[thumbnail of bab 1 .pdf] Text
bab 1 .pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II-4.pdf] Text
BAB II-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III-2.pdf] Text
BAB III-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV-2.pdf] Text
BAB IV-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V-2.pdf] Text
BAB V-2.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA-2.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN  .pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Islam merupakan serangkaian proses dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai pada anak didik melalui pertumbuhan dan pengembangan fitrahnya, baik aspek spiritual, intelektual, maupun fisiknya, guna keselarasan dan kesempurnaan hidup dalam segala aspeknya sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam grup hadrah asyifa’ (2) Mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam grup lhadrah asyifa’ dan (3) Mengetahui sejauh mana dampak implementasi nilai-nilai pendidikan Islam terhadap personil grup hadrah dan masyarakat sekitar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan grup hadrah asyifa’. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dan verifikasi.
Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Grup Hadrah Asyifa’ Dusun Plosolanang Desa Campurejo Kecamatan Bojonegoro adalah mencakup sembilan nilai diantaranya Iman kepada Allah SWT, cinta kepada Rasulullah, kedisiplinan, kerjasama dan solidaritas, keindahan dan kesenian, serta toleransi. ke sembilan nilai tersebut diimplementapsikan dalam kehidupan sehari-hari dari tiga pokok nilai yaitu keimanan, akhlak, dan syari’ah. Adapun dampak Impelementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kegiatan Grup Hadrah Asyifa’ Dusun Plosolanang Desa Campurejo akecamatan Bojonegoro terhadap masyarakat bersifat positif yaitu sebagai sarana ukhuwah islamiyah, dan terhadap personil grup hadrah juga bersifat positif yaitu menumbuhkan rasa percaya diri dan mengasah kecerdasan interpersonal.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Hadrah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diyah Ajeng Rahayu
Date Deposited: 09 Sep 2023 04:10
Last Modified: 09 Sep 2023 04:10
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
IZZA, YOGI PRANA
NIDN0731127601
UNSPECIFIED
ANWAR, SAEFUL
NIDN2115118902
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3324

Actions (login required)

View Item
View Item