FADHILAH, ASTUTIK (2023) IMPLEMENTASI PROGRAM SUPER LEADER DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MADRASAH ALIYAH ABU DARRIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (327kB)
AWALAN.pdf
Download (865kB)
BAB I.pdf
Download (631kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (871kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (459kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (369kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Program Super Leader adalah salah satu upaya Madrasah Aliyah Abu Darrin dalam meningkatkan kualitas siswa di Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro serta program pelatihan kepemimpinan untuk menumbuhkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Dengan adanya program pelatihan super leader ini, siswa diharapkan dapat tumbuh kedisiplinan akan tata tertib sekolah serta tumbuh rasa tanggungjawab terhadap apa yang menjadi kewajibannya baik dengan tuhannya maupun orang di sekelilingnya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang sering disebut metode penelitian naturalistik. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelititan ini adalah siswa yang bertugas menjadi leader dalam program super leader di Madrasah Aliyah Abu Darrin, waka kurikulum dan tenaga pendidik di Madrasah Aliyah Abu Darrin. Dalam teknik analisis data yang dilakukan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas berupa perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan uji confirmability.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Program super leader dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro dengan menggunakan beberapa konsep yaitu : 1.) Kaderisasi, 2.) Peer Tutoring, 3.) Mind Mapping, 4.) Program pembiasaan, (2) Implementasi program super leader dibagi dalam tiga kegiatan yaitu: 1) kegiatan harian (Khotmil Qur’an, penataan kerapian dan tata tertib), 2) kegiatan mingguan (tahlil, dan istighosah bersama),3.) kegiatan bulanan (lomba festival kelas), 4.) kegiatan tahunan (gebyar maulid), (3) faktor pendukung dan penghambat proses implementasi program super leader diantaranya yaitu faktor kepala sekolah, guru, siswa, dan lingkungan, hasil implementasi program super leader terbukti mampu menambah kedisiplinan siswa dan tanggung jawab siswa pada tata tertib di Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro.Kata Kunci: Program Super Leader, karakter Disiplin, Karakter tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Super Leader, karakter Disiplin, Karakter tanggung jawab. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ASTUTIK FADHILAH |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 08:05 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 08:06 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI 2110027101 Thesis advisor MIFTAH, ZAINI 2101067901 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3308 |