MUASAROH, WENI (2023) IMPLEMENTASI MEDIA TIGA DIMENSI (3D) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTs. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (106kB)
AWALAN.pdf
Download (657kB)
BAB I.pdf
Download (2MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB VI.pdf
Download (637kB)
DAFAR PUSTAKA.pdf
Download (640kB)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Media dalam proses pembelajaran merupakan perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan sehingga terdorong serta terlibat dalam pembelajaran. Pemanfaatan salah satu media tiga dimensi di kelas VIII MTs Raudlatul Tolibin balongcabe kedungadem ini sangat membantu memahamkan siswa khususnya dalam materi pembelajaran Fiqih yang memerlukan contoh dalam pengimplementasianya. Seperti contoh memandikan jenaah, Penerapan media tiga dimensi sangat berpengaruh dalam pembelajaran agar dapat memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan lingkungan pembelajaran yang efesien dan kondusif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi wawancara mendalam dan dokumentasi di MTs Roudlotul Tolibin Balongcabe kedungadem Bojonegoro. Pengecekan Keabsahan Data Dilakukan Dengan Reduksi Data, Penyajian Data Kemudian Ditarik Kesimpulan. Hasil penelitian Bentuk media tiga dimensi dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs Roudlotut Tholibin Balongcabe menggunakan media dengan bentuk model Mock-Up (boneka) atau alat tiruan sederhana dan memakai proyektor dan laptop sebagai media pembantu. Kemudian dalam implementasi guru mempraktekan pemulasaran jenazah yaitu memandikan,mengkafani, mengsholati, dan mengubur jenazah dengan memakai media tiga dimensi dengan bentuk model Mock-Up (boneka) tetapi pengimplementasiannya ada yang sesuai dengan RPP dan ada yang tidak sesuai dengan RPP. Kemudian kekurangan dalam pembelajaran lebih kepada fasilitas sarana dan prasarana. Dan kelebihan dari menerapkan media tiga dimensi tersebut ialah siswa mudah untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media tiga dimensi, pelajaran fiqih, pemahaman siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | WENI MUASAROH |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 08:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 08:11 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED MINARTI, SRI NIDN198909058 UNSPECIFIED NISA', IDA FAUZIATUN NIDN212412129001 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3284 |