IMPLEMENTASI MEDIA TIGA DIMENSI (3D) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTs

MUASAROH, WENI (2023) IMPLEMENTASI MEDIA TIGA DIMENSI (3D) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTs. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of DAFAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFAR PUSTAKA.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_.pdf] Text
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media dalam proses pembelajaran merupakan perantara atau pengantar sumber pesan dengan penerima pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan sehingga terdorong serta terlibat dalam pembelajaran. Pemanfaatan salah satu media tiga dimensi di kelas VIII MTs Raudlatul Tolibin balongcabe kedungadem ini sangat membantu memahamkan siswa khususnya dalam materi pembelajaran Fiqih yang memerlukan contoh dalam pengimplementasianya. Seperti contoh memandikan jenaah, Penerapan media tiga dimensi sangat berpengaruh dalam pembelajaran agar dapat memudahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan lingkungan pembelajaran yang efesien dan kondusif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi wawancara mendalam dan dokumentasi di MTs Roudlotul Tolibin Balongcabe kedungadem Bojonegoro. Pengecekan Keabsahan Data Dilakukan Dengan Reduksi Data, Penyajian Data Kemudian Ditarik Kesimpulan. Hasil penelitian Bentuk media tiga dimensi dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs Roudlotut Tholibin Balongcabe menggunakan media dengan bentuk model Mock-Up (boneka) atau alat tiruan sederhana dan memakai proyektor dan laptop sebagai media pembantu. Kemudian dalam implementasi guru mempraktekan pemulasaran jenazah yaitu memandikan,mengkafani, mengsholati, dan mengubur jenazah dengan memakai media tiga dimensi dengan bentuk model Mock-Up (boneka) tetapi pengimplementasiannya ada yang sesuai dengan RPP dan ada yang tidak sesuai dengan RPP. Kemudian kekurangan dalam pembelajaran lebih kepada fasilitas sarana dan prasarana. Dan kelebihan dari menerapkan media tiga dimensi tersebut ialah siswa mudah untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media tiga dimensi, pelajaran fiqih, pemahaman siswa
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WENI MUASAROH
Date Deposited: 09 Sep 2023 08:11
Last Modified: 09 Sep 2023 08:11
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
UNSPECIFIED
MINARTI, SRI
NIDN198909058
UNSPECIFIED
NISA', IDA FAUZIATUN
NIDN212412129001
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3284

Actions (login required)

View Item
View Item