EFISIENSI DISPLAY KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TARBIYATUL ISLAM DESA SOKOSARI KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN

Maghfiroh, Nailatil (2023) EFISIENSI DISPLAY KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TARBIYATUL ISLAM DESA SOKOSARI KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (994kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy

Abstract

Display kelas adalah salah satu usaha untuk menciptakan suasana kondusif dan efektif di dalam pembelajaran kelas. Kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun meliputi menyebutkan huruf-huruf abjad, memahami antara bunyi dan bentuk huruf, membaca nama sendiri, menulis nama sendiri, menyebutkan nama benda yang ada disekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efisiensi display kelas terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Tarbiyatul Islam Desa Sokosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental desain bentuk one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 21 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas untuk mengetahui normal tidaknya persebaran data yang akan dianalisis, uji homogenitas untuk mengetahui apakah kedua kelompok memiliki tingkat varian data yang sama atau tidak dan uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Hasil kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Tarbiyatul islam mengalami perubahan yang positif. Hal ditunjukkan dengan perolehan rekapitulasi hasil belajar sebelum diterapkannya Display kelas sebesar 37 dan sesudah diterapkannya display kelas sebesar 61,30. (2) Terdapat Efisiensi kemampuan membaca permulaan sesudah diterapkannya display kelas pada anak usia 4-5 tahun di RA Tarbiyatul islam desa sokosari kecamatan soko kabupaten tuban.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Display Kelas, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia Dini.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nailatil Maghfiroh
Date Deposited: 09 Sep 2023 03:26
Last Modified: 09 Sep 2023 03:26
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ulfa, Ulfa
NIDN2121067401
Thesis advisor
Ni'mah, Roudlotun
NIDN2125068202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3283

Actions (login required)

View Item
View Item