Maghfiroh, Nailatil (2023) EFISIENSI DISPLAY KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TARBIYATUL ISLAM DESA SOKOSARI KECAMATAN SOKO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (94kB)
Awalan.pdf
Download (994kB)
BAB I.pdf
Download (524kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (633kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (408kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (676kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (287kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (286kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (770kB) | Request a copy
Abstract
Display kelas adalah salah satu usaha untuk menciptakan suasana kondusif dan efektif di dalam pembelajaran kelas. Kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun meliputi menyebutkan huruf-huruf abjad, memahami antara bunyi dan bentuk huruf, membaca nama sendiri, menulis nama sendiri, menyebutkan nama benda yang ada disekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efisiensi display kelas terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Tarbiyatul Islam Desa Sokosari Kecamatan Soko Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimental desain bentuk one group pretest-posttest dengan jumlah sampel 21 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas untuk mengetahui normal tidaknya persebaran data yang akan dianalisis, uji homogenitas untuk mengetahui apakah kedua kelompok memiliki tingkat varian data yang sama atau tidak dan uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Hasil kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di RA Tarbiyatul islam mengalami perubahan yang positif. Hal ditunjukkan dengan perolehan rekapitulasi hasil belajar sebelum diterapkannya Display kelas sebesar 37 dan sesudah diterapkannya display kelas sebesar 61,30. (2) Terdapat Efisiensi kemampuan membaca permulaan sesudah diterapkannya display kelas pada anak usia 4-5 tahun di RA Tarbiyatul islam desa sokosari kecamatan soko kabupaten tuban.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Display Kelas, Kemampuan Membaca Permulaan, Anak Usia Dini. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Nailatil Maghfiroh |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 03:26 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:26 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ulfa, Ulfa NIDN2121067401 Thesis advisor Ni'mah, Roudlotun NIDN2125068202 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3283 |