Zuhriyah, Khalimatus (2023) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (210kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (442kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (687kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (692kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (477kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (308kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (428kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran serta kemampuan dalam memecahkan masalah yang membutuhkan kemampuan analisis masih rendah. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model kooperatif tipe think-pair-share dan jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan model model pembelajaran tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 2 Kalitidu.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental, populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalitidu. Berjumlah 128 siswa. Sampel dari penelitian ini berjumlah 60 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis deskriptif yaitu, rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis PAI menggunakan model pembelajaran think-pair-share sebesar = 69,33. Sedangkan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis PAI menggunakan model pembelajaran jigsaw sebesar = 85,67. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh hasil [sig. (2 – tailed)] = 0,00. Hal ini menunjukkan 0.00 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil test kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran think-pair-share dengan model pembelajaran jigsaw pada kelas VIII SMP Negeri 2 Kalitidu.
Kata kunci: berpikir kritis, jigsaw, model pembelajaran, think-pair-share
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, jigsaw, model pembelajaran, think-pair-share |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khalimatus Zuhriyah |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 06:41 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 06:41 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor silfiyah, khoirotus NIDN2119049201 Thesis advisor khoiriyah, siti NIDN0721099501 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3275 |