STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALITIDU BOJONEGORO

Zuhriyah, Khalimatus (2023) STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran serta kemampuan dalam memecahkan masalah yang membutuhkan kemampuan analisis masih rendah. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah model kooperatif tipe think-pair-share dan jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dengan model model pembelajaran tipe jigsaw pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 2 Kalitidu.
Jenis penelitian ini adalah quasi experimental, populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalitidu. Berjumlah 128 siswa. Sampel dari penelitian ini berjumlah 60 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelompok tersebut melalui analisis deskriptif yaitu, rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis PAI menggunakan model pembelajaran think-pair-share sebesar = 69,33. Sedangkan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis PAI menggunakan model pembelajaran jigsaw sebesar = 85,67. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh hasil [sig. (2 – tailed)] = 0,00. Hal ini menunjukkan 0.00 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil test kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran think-pair-share dengan model pembelajaran jigsaw pada kelas VIII SMP Negeri 2 Kalitidu.
Kata kunci: berpikir kritis, jigsaw, model pembelajaran, think-pair-share

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis, jigsaw, model pembelajaran, think-pair-share
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khalimatus Zuhriyah
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:41
Last Modified: 09 Sep 2023 06:41
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
silfiyah, khoirotus
NIDN2119049201
Thesis advisor
khoiriyah, siti
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3275

Actions (login required)

View Item
View Item