PENGARUH KEGIATAN RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA ASY SYAKUR NGLINGI NGASEM BOJONEGORO

CHUSNA, SHOFIATUL MAULIDDIA (2023) PENGARUH KEGIATAN RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA ASY SYAKUR NGLINGI NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV (1).pdf] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan religius di sekolah harus dilakukan secara terus menerus guna mengantisipasi permasalahan lokal dan perubahan global yang terjadi begitu pesat. Hasil belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran, di samping mata pelajaran yang sudah ada di MA Asy Syakur Nglingi Ngasem Bojonegoro juga memberi tambahan kegiatan diluar materi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Diantaramya dengan menambahkan kegiatan religius seperti, hafalan Yasin dan Tahlil. Kegiatan-kegiatan itu mulai diterapkan kepada peserta didik sejak kelas X sampai peserta didik sebelum lulus dari MA Asy Syakur Nglingi Ngasem. Kegiatan-kegiatan tersebut juga dinilai memiliki pengaruh yang cukup besar untuk hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui valid atau tidaknya antara variabel X dan Y, uji normalitas dan linieritas, uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Pengaruh yang terlihat dari kedua variabel tersebut dapat dikatakan memiliki pengaruh antara satu dengan yang lainnya. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa thitung sebesar 3,156 lebih besar daripada ttabel sebesar 1,693 dengan taraf signifikan 5% (0,05). Maka dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh kegiatan religius dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI jurusan IPA dan IPS di MA Asy Syakur Nglingi Ngasem Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Religius, Hasil Belajar, Pengaruh Kegiatan Religius, MA Asy Syakur Nglingi Ngasem Bojonegoro
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SHOFIATUL MAULIDDIA CHUSNA
Date Deposited: 09 Sep 2023 03:42
Last Modified: 09 Sep 2023 03:42
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
Thesis advisor
SHOLAHUDDIN, AGUS MOH
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item
View Item