CHUSNA, SHOFIATUL MAULIDDIA (2023) PENGARUH KEGIATAN RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MA ASY SYAKUR NGLINGI NGASEM BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (102kB)
Awalan.pdf
Download (511kB)
BAB 1.pdf
Download (246kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (233kB) | Request a copy
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (139kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (122kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (602kB) | Request a copy
Abstract
Kegiatan religius di sekolah harus dilakukan secara terus menerus guna mengantisipasi permasalahan lokal dan perubahan global yang terjadi begitu pesat. Hasil belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran, di samping mata pelajaran yang sudah ada di MA Asy Syakur Nglingi Ngasem Bojonegoro juga memberi tambahan kegiatan diluar materi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Diantaramya dengan menambahkan kegiatan religius seperti, hafalan Yasin dan Tahlil. Kegiatan-kegiatan itu mulai diterapkan kepada peserta didik sejak kelas X sampai peserta didik sebelum lulus dari MA Asy Syakur Nglingi Ngasem. Kegiatan-kegiatan tersebut juga dinilai memiliki pengaruh yang cukup besar untuk hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui valid atau tidaknya antara variabel X dan Y, uji normalitas dan linieritas, uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel. Pengaruh yang terlihat dari kedua variabel tersebut dapat dikatakan memiliki pengaruh antara satu dengan yang lainnya. Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa thitung sebesar 3,156 lebih besar daripada ttabel sebesar 1,693 dengan taraf signifikan 5% (0,05). Maka dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh kegiatan religius dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI jurusan IPA dan IPS di MA Asy Syakur Nglingi Ngasem Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Religius, Hasil Belajar, Pengaruh Kegiatan Religius, MA Asy Syakur Nglingi Ngasem Bojonegoro |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | SHOFIATUL MAULIDDIA CHUSNA |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 03:42 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:42 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AZIZ, SU'UDIN NIDN2121128602 Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3256 |