PENGARUH PEMBELAJARAN EKSPERIMEN RAINBOW WATER TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BUSTANUL ULUM DESA LERAN KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO

Husna, Muthohharotul (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN EKSPERIMEN RAINBOW WATER TERHADAP PERKEMBANGAN BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BUSTANUL ULUM DESA LERAN KECAMATAN KALITIDU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (965kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of DAPUS.pdf] Text
DAPUS.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran eksperimen Rainbow Water bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan belajar dan pemecahan masalah pada anak secara kreatif dan menyenangkan karena anak anak mampu mengobservasi, mempraktikkan dan mengkomunikasikan pengalaman pembelajaran baru secara individu. Penelitian ini di latarbelakangi karena kurangnya perkembangan belajar dan pemecahan masalah anak ketika pembelajaran, maka adanya penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pembelajaran eksperimen Rainbow Water terhadap perkembangan belajar dan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun di RA Bustanul Ulum Desa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 18 anak usia 5-6 tahun di RA Bustanul Ulum kelompok B Desa Leran Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Teknik yang di gunakan di antaranya yaitu, Observasi, dokumentasi dan uji intrumen penelitian. Eksperimen Rainbow Water ini menggunakan bahan-bahan yang aman bagi anak, antara lain: Gula, pewarna makanan dan air.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapatkan pembelajaran eksperimen Rainbow Water mengalami peningkatan signifikan dalam perkembangan belajar dan pemecahan masalah. Setelah dilakukan uji normalitas menggunakan uji Shapiro wilk diperoleh hasil sig <0,009, kemudian pada uji homogenitas. Karena data tidak berdistribusi normal, maka uji hipotesis dilanjutkan dengan analisis menggunakan uji Wilcoxon. Peneliti menggunakan uji Wilcoxon dengan SPSS 26.0.1.0 (171). Jika nilai Asymp.Sig. < 0,05, maka Ha diterima, jika nilai Asymp.Sig. > 0,05, maka Ho ditolak. Berdasarkan output “Test Statistics”, diketahui Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,009 lebih kecil dari <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, maka pembelajaran eksperimen rainbow water terhadap perkembangan belajar dan pemecahan masalah berpengaruh. Dengan perolehan hasil tes awal (pretest) 8,722% untuk kategori “CUKUP” dan hasil tes akhir (posttest) 11,944% untuk kategori “SANGAT BAIK”.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Eksperimen Rainbow Water, perkembangan belajar dan pemecahan masalah
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Muthohharotul Husna
Date Deposited: 09 Sep 2023 04:59
Last Modified: 09 Sep 2023 04:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fikri, M. Tsaqibul
NIDN21808089101
Thesis advisor
Puspitasari, Endang
NIDN0720079302
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3254

Actions (login required)

View Item
View Item