IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS RIYADLUT TAHFIZH AL-QUR’AN LERAN, KALITIDU, BOJONEGORO

Rosphitawati, Rosphitawati (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS RIYADLUT TAHFIZH AL-QUR’AN LERAN, KALITIDU, BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (374kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran inovatif, yang dapat menciptakan situasi belajar yang aktif dan kreatif untuk peserta didik, dimana peserta didik diajarkan dalam melakukan suatu pemikiran kritis, karena pada umumnya peserta didik memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, kreatif dan memiliki pola pikir yang konvergen. MTs Riyadlut Tahfizh Al-Qur’an merupakan salah satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tepatnya pada pelajaran akidah akhlak dengan berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kemampuan peserta didik dalam berpikir untuk dapat mengelola pengetahuan dan ide-ide dengan cara berpikir kritis sehingga dapat memberi mereka pengetahuan dan implikasi baru. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian sumber datanya adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak, dan siswa kelas VII MTs Riyadlut Tahfizh Al-Qur’an Leran Kalitidu Bojonegoro. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Riyadlut Tahfizh Al-Qur’an dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) sudah efektif untuk diterapkan karena sudah menunjukkan hasil yang sangat positif. Hal ini ditunjukkan dengan siswa lebih aktif, mampu berpikir kritis serta mampu bekerja sama dalam tim. Model pembelajaran ini membuat siswa untuk lebih percaya diri dalam berpendapat. Hingga muncullah rasa ingin tahu yang tinggi untuk terus mencari sumber pengetahuan agar dapat mengemukakan berbagai pendapat dengan tepat. Tetapi implementasi model pembelajaran ini juga masih memiliki kelemahan yaitu kurangnya kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya kesadaran dari masing-masing kelompok untuk sama-sama bertanggung jawab untuk memecahkan masalah yang dimunculkan. Akan tetapi dengan berjalannya waktu mereka dapat menyesuaikan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Higher Order Thinking Skills, Akidah Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosphitawati Rosphitawati
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:24
Last Modified: 08 Sep 2023 08:24
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
NIDN2107057802
Thesis advisor
Nihayah, Hamidatun
NIDN2124028403
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item
View Item