ASYHARI, MOH. ZUMRON (2015) PENGARUH METODE MUTHALAAH TERHADAP PERSTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH DINIYAH AL FAUZIYAH DESA MORI KECAMATAN TRUCUK KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (155kB)
AWALAN.pdf
Download (248kB)
BAB I.pdf
Download (269kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (331kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (538kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB) | Request a copy
Daftar Pustaka.pdf
Download (147kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (155kB) | Request a copy
Abstract
Metode muthalaah atau membaca adalah cara menyajikan pelajaran dengan cara membaca, baik membaca dengan bersuara maupun membaca dalam hati. Bahasa Arab merupakan mata pelajaran yang mengembangkan ketrampilan berkomunikasi lisan dan tulisan untuk memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya. Metode muthalaah pada dasarnya diarahkan untuk meningkatkan kemampuan pelajar dalam membaca kitab-kitab berbahasa Arab. Hal ini dipandang cukup penting mengingat sumber bacaan pelajaran bahasa Arab sebagian besar berbahasa Arab. Dengan demikian maka metode ini penting sekali untuk diterapkan pada sebuah pengajaran bahasa Arab.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana pelaksanaan metode muthalaah di Madrasah Diniyah al Fauziyah Desa Mori Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro? 2) Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah al Fauziyah Desa Mori Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro 3) Adakah pengaruh metode muthalaah terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Diniyah al Fauziyah Desa Mori Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro?.
Penelitian ini menggunakan Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah al Fauziyah Desa Mori Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif yaitu dengan menggunakan metode analisis korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan metode metode muthalaah di Madrasah Diniyah Al Fauziyah Mori adalah prestasi baik. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan metode angket yang berisi 10 pertanyaan dengan jumlah responden 30 dan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata persentase angket sebesar 43,33% yang berarti ada pada interval (37-40) sehingga ternilai baik. (2) Prestasi belajar mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Diniyah Al Fauziyah Desa Mori Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro adalah prestasi baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan metode angket yang berisi 10 pertanyaan dengan jumlah responden 30 siswa-siswi dan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata persentase angket sebesar 40 % yang berarti ada pada interval (37-39) sehingga ternilai baik. (3) pelaksanaan metode muthalaah berpengaruh terhadap kemampuan mata pelajaran bahasa Arab santri Madrasah Diniyah Al Fauziyah Desa Mori Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Terbukti dengan hasil yang diperoleh dari hasil perhitungan nilainya sebesar 0,692.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Muthalaah, Bahasa Arab |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 11 Dec 2021 22:59 |
Last Modified: | 11 Dec 2021 22:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BADARUDIN, BADARUDIN UNSPECIFIED UNSPECIFIED ROZAQ, ABD. UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/324 |