RAMADHONI, WIDODO (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 BERORIENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (KARAKTER MANDIRI) PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK FASE D DI MTSN 2 TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (38kB)
AWALAN.pdf
Download (435kB)
BAB I.pdf
Download (269kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (417kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (238kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (396kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena munculnya penerapan kurikulum baru. Yaitu kurikulum merdeka, tentu beberapa model pembelajaran pastinya menggunakan model yang terbaru, yaitu Model Pembelajaran Abad 21. Tentu ada penerapan dari lembaga yaitu MTsN 2 Tuban. Pembelajaran abad 21 merupakan abad yang penuh dengan berbagai tantangan, dunia pendidikan memiliki memiliki peran dan tanggung jawab yang lebih besar untuk dapat mengatasi dan menjawab tantangan tersebut. Berbagai inovasi baru yang dilakukan oleh pemerintah yakni meluncurkan kurikulum merdeka.Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam menerapkan keterampilan pembelajaran abad 21.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berkarakter deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru mata pelajaran Akidah Akhlaq, dan siswa MTsN 2 Tuban. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, serta faktor penghambat dan pendudung dari lembaga tersebut.
Hasil penelitian ini adalah impelemntasi kurikulum merdeka di MTsN 2 Tuban berada di tahap awal, artinya guru menggunakan perangkat pembelajaran dari Kemenag. Model pembelajaran Abad 21 berorientasikan penguatan Profil Pelajar Pancasila (karakter mandiri) di MTsN 2 Tuban di integrasikan dalam pembelajaran akidah akhlak dengan menekankan karakter mandiri melalui tugas yang diberikan kepada siswa, dan siswa diajak belajar secara bebas. Tidak lupa guru menekankan karakter mandiri melalui motivasi guru di awal dan di akhir pembelajaran akidah akhlak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model pembelajaran 21, Karakter Mandiri, Akidah Akhlak. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Widodo Ramadhoni |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 04:39 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 04:39 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MANSHUR, AHMAD NIDN2122037701 Thesis advisor SHOFIYUDDIN, AHMAD NIDN2215058905 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3223 |