CHUSNIA, SITI (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB “I‘ANATUN NISA’ DALAM MENGATASI KESULITAN PEMAHAMAN TENTANG FIKIH WANITA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AL-HUSNA MALO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Sampul pdf.pdf
Download (477kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I pdf.pdf
Download (654kB)
BAB II pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (723kB) | Request a copy
BAB III pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (468kB) | Request a copy
BAB IV pdf.pdf
Restricted to Registered users only
Download (743kB) | Request a copy
BAB V pdf.pdf
Download (420kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (453kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Mempelajari dan memahami hukum-hukum yang berkaitan dengan haid dan istihadhah merupakan hal yang sangat penting bagi kaum wanita, khususnya bagi santriwati di Pondok Pesantren Al-Husna Malo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan pembelajaran santriwati mengenai masalah fikih wanita menggunakan Kitab “I’anatun Nisa’ dan mengetahui usaha ustadz/ ustadzah dalam mengatasi kesulitan memahami Kitab “I’anatun Nisa’ di Pondok Pesantren Al-Husna Malo Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yang mana peneliti melakukan pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada observasi peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data mengenai penerapan pembelajaran kitab tersebut dari informan, dan dokumentasi berupa arsip dokumentasi yaitu profil lembaga, visi misi, jumlah data siswa dan guru, kegiatan harian santriwati, sarana dan prasarana, dan foto ketika melakukan wawancara sebagai bukti peneliti.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pembelajaran Kitab ini dapat meningkatkan pemahaman santriwati terkait permasalahan haid dan istihadhah yang mana ustadzah memberi pertanyaan kepada santriwati terkait masalah haid dan istihadhah, proses pembelajaran Kitab “I’anatun Nisa’ itu dibagi menjadi dua fase, yaitu fase persiapan pembelajaran dan proses pembelajaran, pembelajaran di mulai setelah jama’ah shalat isya’ selesai. Ustadzah menggunakan metode ceramah, sorogan, bertanya jawab serta menerapkan kegiatan musyawarah tiap sore bersama pengurus pondok juga sangat membantu santriwati dalam kesulitan memahami kitab tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fikih Wanita, Haid dan Istihadhah, "I'anatun Nisa', Pembelajaran |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Chusnia |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 06:40 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 06:40 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN UNSPECIFIED MA'ARIF, M. JAUHARUL NIDN2128097201 UNSPECIFIED BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2109028601 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3218 |