STRATEGI PEMBELAJARANBERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BALEN BOJONEGORO

MILATINA, AYU (2023) STRATEGI PEMBELAJARANBERBASIS PROYEK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran.pdf] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek merupakan pembelajaran yang menggunakan pendekatan centered-student, dimana peserta didik secara aktif mengkonstruksi pengetahuannya melalui kegiatan praktik dan penerapan ide-ide baru. Peserta didik dilibatkan langsung dalam sebuah proyek penyelesaian masalah yang relevan dengan lingkup kerjanya. Pendidik lebih berperan sebagai pembimbing dan penasehat dari pada pengelola atau penentu. Pembelajaran berbasis projek menjadi pilihan yang mendasar pada kurikulum merdeka belajar dimana dipercaya dapat mendukung pemulihan pembelajaran karakter peserta didik melalui profil pelajar pancasila. Dalam menerapkan kurikulum merdeka di sekolah ini mengadakan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dimana dalam kegiatan ini guru merancang sebuah proyek yang akan di selsaikan oleh peserta didik. Tujuan dari projek penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal adalah untuk memperkuat karakter peserta didik agar mampu mengenal dan menghargai budaya lokal yang ada disekitar.
Metode penelitian dalam peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian terdapat dua macam sumber data yakni Data Primer dan Data Skunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain adalah: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Metode analisis penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan beberapa teknik yakni Reduksi Data, Penyajian Data, dan Kesimpulan atau Verifikasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil dari strategi pembelajaran berbasis proyek dalam penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut; 1) menentukan pertanyaan mendasar, 2) menyusun perencanaan proyek, 3) menyusun jadwal proyek, 4) memonitoring siswa dan kemajuan proyek, 5) menguji hasil, dan 6) mengevaluasi pengalaman. Penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam penguatan profil pelajar pancasila dapat menjadi pendekatan yang efektif. Faktor pendukung yang dialami adalah mendapat dukungan dari orangtua, siswa, kepala sekolah, guru dan pemerhati pendidikan, dan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat yakni kesulitan guru dalam mengontrol siswa, dan kurangnya kesadaran siswa pada pembelajaran dan kesadaran akan budaya lingkungan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kearifan Lokal
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ayu Milatina
Date Deposited: 09 Sep 2023 06:33
Last Modified: 09 Sep 2023 06:33
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rahmawati, Ulva Badi'
2108088801
Thesis advisor
Choiri, Moh Miftakhul
0704019003
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item
View Item